Bola Internasional

Hati-hati Indonesia! Pelatih Timnas Yordania Berperan dalam Kesuksesan Eden Hazard

Selasa, 11 Juni 2019 15:13 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Michael Regan/Getty Images
Eden Hazard adalah salah satu buah kesuksesan dari peran pelatih Timnas Yordania, Vital Borkelmans. Copyright: © Michael Regan/Getty Images
Eden Hazard adalah salah satu buah kesuksesan dari peran pelatih Timnas Yordania, Vital Borkelmans.

INDOSPORT.COMTimnas Yordania yang akan menghadapi Timnas Indonesia pada Selasa (11/6/19) di Stadion King Abdullah II Yordania diasuh oleh pelatih asal Belgia, Vital Borkelmans. Ia adalah asisten pelatih Timnas Belgia (2012-2016) yang menangani Eden Hazard di kancah internasional.

Borkelmans yang saat itu menjadi asisten pelatih Marc Wilmots membantu Hazard bersama Timnas Belgia mencapai babak perempatfinal Piala Dunia 2014. Lolosnya Belgia ke Piala Dunia 2014 merupakan peningkatan usai absen di dua gelaran sebelumnya (2006 dan 2010).

Selain itu, Borkelmans juga berperan dalam meloloskan Belgia ke Euro 2016. Namun, kiprahnya di kompetisi sepak bola paling bergengsi antarnegara Eropa itu kembali terhenti di babak perempatfinal. Hazard sendiri telah didapuk sebagai kapten tim pada saat itu.

Setelah keluar dari jajaran tim pelatih Belgia, ia nyatanya tetap mempedulikan Hazard. Pada 2018 lalu, pelatih berusia 56 tahun ini menyarankan Hazard untuk hengkang dari Chelsea ke Spanyol dengan alasan meningkatkan perkembangannya.

Keinginan Borkelmans akhirnya terwujud setelah Hazard diumumkan bakal bergabung ke Real Madrid untuk musim 2019/20. Hazard ditebus dengan bayaran 88,5 juta poundsterling (sekitar 1,6 triliun rupiah) dan akan diperkenalkan secara resmi pada Kamis (13/6/19).

Dengan rekam jejak itu, Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia perlu waspada dengan pengalaman Borkelmans di kancah Eropa. Borkelmans sendiri diperkirakan akan bermain dengan skema favoritnya, 4-2-3-1.

Perhatian McMenemy untuk lini belakang skuat Garuda harus optimal. Yordania memiliki Musa Al-Taamari yang memperkuat klub Siprus, APOEL Nicosia, di kancah Liga Champions 2018/19. Al-Taamari sendiri merupakan pemain berposisi sayap kanan.

Pertandingan ini akan menjadi ajang persiapan Indonesia jelang menjalani Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada September 2019. Tak merasa gentar dengan lawannya, McMenemy telah memastikan bahwa anak asuhnya akan tampil optimal dan bermain sesuai rencana yang telah dipersiapkan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%