Bola Internasional

Inilah Negara AFF yang Lolos Putaran Kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022

Rabu, 12 Juni 2019 18:49 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© GRM Dailly
Delapan negara Asia Tenggara lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022. Copyright: © GRM Dailly
Delapan negara Asia Tenggara lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022.

INDOSPORT.COM – Terdapat delapan negara anggota AFF (federasi sepak bola Asia Tenggara) yang lolos ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Laga putaran kedua ini akan digelar dalam format grup dimulai pada 5 September 2019 hingga 9 Juni 2020 mendatang. Kedelapan negara tersebut adalah Vietnam, Thailand, Filipina, Myanmar, Malaysia, Indonesia, Singapura, dan Kamboja.

Negara di atas bisa saling bertemu dalam satu grup. Pasalnya, delapan negara ini berada dalam pot yang berbeda-beda. Berdasarkan peringkat FIFA bulan April 2019, pembagiannya adalah Vietnam (pot 2), Thailand dan Filipina (pot 3), Myanmar dan Indonesia (pot 4), serta Malaysia, Singapura, dan Kamboja (pot 5).

Meski banyak bertaburan negara kuat di pot 2 hingga 4, Indonesia bisa mendapatkan lawan sepadan jika bertemu sesama negara AFF. Hal itu akan mempermudah peluang Indonesia mengingat akan bertemu salah satu raksasa Asia yang tergabung dalam pot 1.

Namun, pembagian pot ini bisa bergeser pada bulan depan. Pasalnya, peringkat FIFA Indonesia (159) diperkirakan akan turun usai banyaknya negara lain di bawah Indonesia yang meraih kemenangan dalam laga internasional pekan ini.

Salah satu yang bakal menggeser Indonesia ke pot terakhir ialah Malaysia. Negeri Jiran yang masih duduk di peringkat 168 ini meraih hasil bagus di ronde pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 usai mengandaskan Timor Leste dengan agregat 12-2.

Timnas Indonesia sendiri menuai hasil buruk kala bertandang ke Yordania dengan skor 1-4 di Stadion King Abdullah II, Yordania, pada Selasa (11/6/19). Laga melawan Vanuatu pada Sabtu (15/6/19) esok tak akan banyak berpengaruh mengingat tak digelar dalam kalender resmi FIFA.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%