Liga Europa

Apa Kabar Wim Rijsbergen, Pelatih Timnas Indonesia Terakhir di Kualifikasi Piala Dunia

Rabu, 12 Juni 2019 17:17 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi
© www.kabar24.com
Wim Rijsbergen, mantan pelatih Timnas Indonesia. Copyright: © www.kabar24.com
Wim Rijsbergen, mantan pelatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COMTimnas sepak bola Indonesia pernah dilatih oleh Wimhelmus Rijsbergen atau Wim Rijsbergen pada tahun 2011. Apa kabar Wim Rijsbergen?

Wim Rijsbergen ditunjuk sebagai pelatih Timnas Indonesia pada Juli 2011. Ia menggantikan sosok Alfred Riedl yang mampu membawa Timnas Indonesia melaju hingga final turnamen sepak bola Piala AFF 2010.

Pelatih asal Belanda itu sebelumnya melatih klub PSM Makassar. Pengurus PSSI yang baru langsung mengontrak Wim Rijsbergen setelah Kongres Luar Biasa (KLB) di Solo.

Wim Rijsbergen punya sederet pengalaman internasional. Ia pernah menjadi asisten pelatih Trinidad & Tobago di Piala Dunia 2006 Jerman.

Selama melatih Timnas Indonesia, prestasi terbaik Wim Rijsbergen adalah membawa Skuat Garuda menyingkirkan Turkmenistan di putaran dua kualifikasi Pra Piala Dunia 2014.

Akan tetapi, setelah itu Timnas Indonesia hancur lebur di grup E. Tak satupun kemenangan mampu direngkuh oleh Timnas Indonesia.

Wim Rijsbergen dianggap ‘merusak’ permainan Timnas senior yang mulai diramu oleh Alfred Riedl. Ia terkenal lebih banyak mencatat di bench pemain ketimbang memberikan instruksi di pinggir lapangan.

Yang paling kontroversial, Wim Rijsbergen disebut pernah menghakimi mental bermain pemain Timnas Indonesia yang tidak siap bermain di level internasional.

Setelah enam bulan menjabat dengan catatan 2 kemenangan, 3 seri, dan 6 kekalahan, Wim Rijsbergen akhirnya dipecat pada Januari 2012.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%