Bola Internasional

Pernah Dibantai Vanuatu 46-0 di Pulau Papua, Timnas Antah Berantah Ini Sampai Ngadu ke FIFA

Kamis, 13 Juni 2019 16:30 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Lanjar Wiratri
© Vanuatu Daily Post
Timnas Vanuatu. Copyright: © Vanuatu Daily Post
Timnas Vanuatu.

INDOSPORT.COM – Timnas Vanuatu akan menjadi lawan Timnas Indonesia berikutnya pada laga uji coba yang akan diselenggarakan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Sabtu (15/06/19). Vanuatu pernah punya catatan saat membantai Timnas Mikronesia 46-0 yang berbuntut aduan ke FIFA.

Walaupun pertandingan tersebut tidak masuk dalam kalender resmi FIFA, namun anak asuh Simon McMenemy harus waspada demi harga diri sebuah tim. Pasalnya lawannya yang berasal dari Samudra Pasifik bagian selatan ini pernah membantai lawannya dengan skor 46 gol tanpa balas pada suatu laga.

Timnas yang dibantai oleh Vanuatu dengan skor 46-0 adalah Timnas Mikronesia U-23. Negara tersebut tertelak di Samudra Pasifik bagian barat dan hanya memiliki populasi kurang lebih seratus ribu jiwa (data pada tahun 2013).

Pembantaian sadis tersebut terjadi saat turnamen Pasific Games 2015. Kompetisi tersebut sekaligus menjadi ajang kualifikasi bagi negara Oceania untuk berlaga di Olimpiade Rio de Janeiro, Brazil tahun 2016. Laga tersebut berlangsung di Ibukota Papua Nugini yakni Port Moresby.

Laga dengan 46 gol tanpa balas menjadi rekor Vanuatu dalam kompetisi Pasific Games. Sementara saat itu Mikronesia kebobolan sebanyak 114 gol dari tiga pertandingan dan sama sekali tidak mencetak sebiji gol.

Usai laga tersebut, pelatih Timnas Mikronesia Stan Foster mengadu ke FIFA agar federasi olahraga tertinggi di dunia ini mengakui negara tersebut menjadi anggota resmi. Hal ini supaya mereka bisa menerima bantuan teknis dari luar dan sepak bola di negara kepulauan tersebut semakin maju.

IDS Emoticon Suka
Suka
5%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
10%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
20%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
15%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
15%
IDS Emoticon Takut
Takut
10%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
5%
IDS Emoticon Marah
Marah
20%