Liga Spanyol

Ferland Mendy dan Romansa Indah Pemain Prancis di Real Madrid

Kamis, 13 Juni 2019 13:52 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Denis Doyle/Getty Images
Selebrasi Karim Benzema usai mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao . Copyright: © Denis Doyle/Getty Images
Selebrasi Karim Benzema usai mencetak gol ke gawang Athletic Bilbao .

INDOSPORT.COM - Real Madrid kembali membuat sebuah gebrakan di bursa transfer kali ini dengan mendatangkan pemain baru bernama Ferland Mendy.

Bek kiri asal klub Olympique Lyon itu disebut telah sepakat bergabung dengan Real Madrid untuk musim 2019/20. Kabar ini sendiri bersumber dari akun twitter Real Madrid yang sudah mengucapkan selamat datang kepada Mendy. 

© Twitter Real Madrid
Ferland Mendy resmi direkrut Real Madrid Copyright: Twitter Real MadridFerland Mendy resmi direkrut Real Madrid

Menurut laporan dari Marca, mahar transfer bek Timnas Prancis itu mencapai 53 juta euro (setara 850 miliar rupiah) dengan rincian nominal asli 48 juta euro ditambah 5 juta euro sebagai bonus. Mendy pun menjadi pemain kelima yang didatangkan Madrid di bursa transfer kali ini. 

Mendatangan pemain internasional Prancis bukanlah hal baru bagi raksasa Castilla. Tercatat, 16 pemain Prancis sudah bergabung dengan panji putih-putih Real Madrid sejak era Rene Petit pada 1916.

Madrid pun punya sejarah bagus dengan pemain-pemain dari Prancis. Bahkan, ada beberapa pemain yang menjadi legenda klub dan mencatatkan rekor-rekor. 

Anda pasti tahu Zinedine Zidane. Salah satu gelandang terbaik dunia itu pernah memperkuat Real Madrid di era Los Galacticos Jilid I. Zidane bermain di Madrid dari tahun 2001-2006 dengan catatan 227 penampilan dan 49 gol. 

Menyusul Zidane ada Claude Makelele yang bergabung dari tahun 2000-2003. Makelele memperkuat Real Madrid sebanyak 145 kali dengan catatan dua gol. 

Baik Zidane maupun Makelele sama-sama mempersembahkan trofi bagi Real Madrid. Zidane meraih satu gelar LaLiga dan satu Liga Champions, sementara Makelele meraih satu gelar Liga Champions dan dua LaLiga. 

Walau Zinedine Zidane memiliki nama besar di Real Madrid, sejatinya dia bukanlah pemain yang paling sukses di El Real. 

Tercatat, pesepak bola Prancis tersukses di Real Madrid saat ini adalah Karim Benzema. Didatangkan dari Lyon, Benzema jadi pemain Prancis dengan catatan penampilan dan rekor gol terbanyak di El Real. 

Total, Benzema telah tampil di 465 pertandingan dan mencetak 222 gol. Ia juga masuk ke dalam jajaran salah satu pencetak gol terbanyak Real Madrid sepanjang masa. 

Secara trofi, Benzema juga unggul jauh dari Zidane maupun Makelele. Benzema telah meraih dua gelar LaLiga dan empat gelar Liga Champions.

Persis di bawah Benzema ada bek Raphael Varane yang mengoleksi 276 caps dan merengkuh dua gelar LaLiga serta empat trofi Liga Champions. 

Walau banyak pemain yang sukses, bukan berarti semua pemain Prancis berhasil di Madrid. Ada pula beberapa pemain yang kurang begitu bersinar seperti Nicolas Anelka atau Enzo Zidane.  

Dengan fakta-fakta di atas, maka bisa dibilang Real Madrid cukup berjodoh dengan pemain-pemain Prancis. Harapan tinggi pun ada pada pundak Ferland Mendy. Apakah bek 24 tahun itu bisa mengulangi prestasi para pendahulunya?