Liga Inggris

Eks Bintang Real Madrid Resmi Tangani Klub Liga Inggris

Jumat, 14 Juni 2019 17:33 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM – Mantan pemain Real Madrid dan timnas Inggris, Jonathan Woodgate, secara resmi ditunjuk sebagai pelatih kepala klub Divisi Championship, Middlesbrough. Penunjukan itu membuat Woodgate akan mengemban jabatan sebagai pelatih kepala untuk pertama kalinya.

Woodgate yang pensiun dari sepak bola profesional pada tahun 2016 sebelumnya bekerja sebagai talent scout untuk Liverpool. Peran itu ia jalankan di Spanyol dan Portugal pada tahun awal 2017 lalu.

Karier kepelatihan Woodgate berawal ketika ia diangkat menjadi asisten caretaker Steve Agnew di Middlesbrough menjelang akhir musim 2016/17. Setelah menjabat sebagai asisten pelatih, ia kemudian dipercaya sebagai pelatih kepala tim U-18 sejak Juni 2017.

Woodgate kemudian ditarik kembali ke tim senior Middlesbrough sebagai asisten Tony Pulis yang menduduki jabatan sebagai manajer The Boro. Setelah Middlesbrough gagal melaju ke babak play-off Divisi Championship musim lalu, Pulis pun memilih mundur.

Mundurnya Pulis membuat manajemen Middlesbrough memercayakan Woodgate untuk mengarungi kompetisi Divisi Championship (kasta kedua sepak bola Inggris) musim mendatang. Klub mengontraknya untuk durasi tiga tahun.

Middlesbrough sendiri merupakan klub terakhir yang dibela Woodgate sebelum memutuskan pensiun pada penghujung musim 2015/16 lalu. Woodgate membela klub yang bermarkas di Stadion Riverside itu selama dua periode, yakni 2006-2008 dan 2012-2016.

Selain Middlesbrough, Woodgate tercatat pernah membela sejumlah klub Liga Primer Inggris, seperti Newcastle United dan Tottenham Hotspur. Nama Woodgate tenar ketika ia diboyong raksasa LaLiga Spanyol Real Madrid pada tahun 2004 lalu.

Saat itu, Woodgate menjadi bagian proyek Los Galacticos Real Madrid yang sebelumnya sudah mendatangkan David Beckham dan Michael Owen. Sayangnya, kariernya di Spanyol tak berjalan mulus karena hantaman cedera parah yang memaksanya absen nyaris selama satu musim.