Liga Indonesia

Apa Kabar Arcan Iurie Eks Pelatih Persebaya yang Jadi Mualaf di Indonesia?

Selasa, 18 Juni 2019 13:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Arcan Iurie menjadi salah satu pelatih asing paling eksis di Indonesia karena pernah banyak melatih klub besar Tanah Air. Bagaimana kabarnya sekarang?

Nama Arcan Iurie pernah begitu terkenal di Indonesia. Sebabnya, ia pernah melatih sejumlah klub besar di Tanah Air, seperti Persija, Persebaya, dan Persib. 

Nama Arcan Iurie pertama kali dikenal usai membawa Persija Jakarta ke final Divisi Utama Liga Indonesia (kasta teratas) tahun 2005 dan final Piala Indonesia. Persija di bawah Arcan Iurie pernah hampir merebut double winner

Namun, bukan Persija klub pertama yang ia latih. Iurie pertama kali datang bekerja di Indonesia pada 1999 dengan memegang Persita Tangerang. 

Usai lima tahun di Tangerang, ia hijrah ke Persija. Hanya semusim di Persija, ia menyebrang ke Persib Bandung. Dari sini, ia berkelana ke sejumlah klub termasuk Persebaya Surabaya (2008/2009), Semen Padang, Madura, sampai terakhir Cilegon United. 

Tak hanya bekerja, Arcan Iurie pun mendapatkan tambatan hati di Indonesia. Ia resmi menikahi wanita Indonesia pada 2008 silam. Pada tahun yang sama pula ia memutuskan untuk menjadi mualaf. 

Arcan Iurie sendiri saat ini tercatat belum menangani klub sepak bola Indonesia. Terakhir kali ia menukangi Cilegon United. Namun pada 2017 dipecat karena hanya meraih satu poin. 

Arcan Iurie masih tinggal di Indonesia. Pada Desember 2017 lalu ia sempat mengunggah foto dirinya bertemu Mario Gomez, pelatih Persib Bandung. Terakhir kali ia mengunggah postingan adalah pada 2018 saat menjelaskan dirinya dalam kondisi baik. 

Tak hanya dunia sepak bola, selepas menjadi mualaf, ia sering memposting konten bertema religius.