Bola Internasional

Resmi Gabung Real Madrid, 'Messi' Jepang Sempat Lontarkan Pujian pada Persija

Selasa, 18 Juni 2019 15:03 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Takefusa Kubo tampak berusaha akan melewati pemain Chile di stadion Morumbi, Selasa (18/6/19). Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images Copyright: © Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Takefusa Kubo tampak berusaha akan melewati pemain Chile di stadion Morumbi, Selasa (18/6/19). Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images

INDOSPORT.COM – Takefusa Kubo baru saja menandatangani kontrak dengan raksasa LaLiga Spanyol, Real Madrid. Bintang muda timnas Jepang yang disebut-sebut sebagai titisan Lionel Messi itu diikat Real Madrid dengan durasi kontrak selama lima tahun.

Di Spanyol, Kubo akan lebih dulu bergabung dengan tim muda Real Madrid Castilla. Bergabung dengan Real Madrid merupakan pengalaman kedua Kubo bermain di kompetisi sepak bola Negeri Matador.

Sebelumnya, Kubo sempat menimba ilmu di tim muda Barcelona pada tahun 2011 hingga 2015. Usai dilepas Barcelona, pemain yang kini berusia 18 tahun itu kemudian hijrah ke FC Tokyo pada tahun 2016, lalu dinjamkan ke klub Yokohama F Marinos pada musim 2018/19.

Ketika membela Yokohama F Marinos, Takefusa Kubo pernah datang ke Indonesia, tepatnya pada awal tahun 2018 lalu. Pemain berpostur 170 cm itu datang ke Indonesia bersama skuat Yokohama F Marinos untuk melakoni laga uji coba menghadapi juara Liga 1 2017, Bhayangkara FC.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno tersebut, Kubo berhasil mencetak dua gol dalam kemenangan 4-2 Yokohama F Marinos atas Bhayangkara FC.

Usai menghadapi Bhayangkara FC, Kubo mengaku bahwa ia cukup tahu tentang sepak bola Indonesia. Bahkan, pemain kelahiran 4 Juni 2001 itu sempat melontarkan pujian pada Persija Jakarta.

“Saya pernah ke sini tiga tahun lalu bersama tim nasional junior Jepang. Saat itu saya bermain menghadapi tim nasional Indonesia. Saya tahu Bhayangkara FC, saya juga tahun Persija. Tim itu tim besar, itu saja yang saya tahu,” kata Kubo waktu itu.

Usai resmi dikontrak Real Madrid, Takefusa Kubo kemudian dipanggil timnas Jepang yang tampil di ajang Copa America 2019. Meski baru berusia 18 tahun, Kubo langsung dipercaya tampil sejak menit pertama pada laga pembuka Grup C menghadapi Chile, Selasa (18/6/19) pagi WIB.

Beberapa kali merepotkan lini pertahanan Chile, namun Kubo tak mampu menyelamatkan Jepang dari kekelahan. Tim Samurai Biru pun takluk 0-4 dari Chile lewat gol-gol yang dicetak oleh Erick Pulgar, Eduardo Vargas (2 gol), dan Alexis Sanchez.