Liga Indonesia

3 Fakta Benjamin van Leer, Kiper Ajax Keturunan Indonesia yang Dirumorkan Gabung Persebaya

Rabu, 19 Juni 2019 14:21 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
© INDOSPORT
Benjamin van Leer saat jalani latihan bersama Ajax Amsterdam. Copyright: © INDOSPORT
Benjamin van Leer saat jalani latihan bersama Ajax Amsterdam.

INDOSPORT. COM - Benjamin van Leer, kiper keturunan Indonesia yang berseragam Ajax Amsterdam, ternyata sempat dirumorkan akan gabung klub Liga 1, Persebaya Surabaya.

Sosok Benjamin van Leer sudah berkostum Ajax Amsterdam sejak 2017 lalu. Namun, Benjamin van Leer nampak kesulitan menembus tim utama dan musim 2018/19 dipinjamkan ke klub NAC Breda.

Situasi itu membuat Benjamin van Leer kemudian dikaitkan dengan Persebaya Surabaya. Bila mau gabung Bajul Ijo, Benjamin van Leer diyakini bisa mendapatkan menit bermain lebih banyak, ketimbang di Ajax.

Meski begitu, Benjamin van Leer mengaku belum pernah menjalin komunikasi dengan pihak Persebaya Surabaya. Penjelasan Benjamin van Leer diungkapkan langsung lewat agennya, Mustapha Nakhli, di sebuah media massa Belanda, Ajax Show Time.

"Persebaya Surabaya tidak pernah menghubungi manajemen kami dan karenanya transfer ke Indonesia tak akan terjadi," ujar Mustapha di Belanda awal Juni 2019.

Meski keterangan Benjamin van Leer terkesan menampik, bukan berarti dirinya mustahil gabung Persebaya Surabaya. Asal mendapat negosiasi dan penawaran yang tepat, Benjamin van Leer bisa saja berkostum Bajul Ijo.

Bagi para Bonek dan pecinta sepak bola Indonesia yang penasaran dengan sosok Benjamin van Leer, kalian tak perlu khawatir. INDOSPORT.com coba mengulas profilnya ke dalam ringkasan berikut ini.


Jebolan Akademi PSV Eindhoven

Benjamin van Leer memang memiliki darah keturunan Indonesia. Tapi, hingga kini, ia masih tercatat sebagai warga negara Belanda.

Tak heran, bila Benjamin van Leer sudah sejak dini menimba ilmu sepak bola di Belanda. Ia bahkan diketahui merupakan jebolan akademi klub top Belanda, PSV Eindhoven.

Ya, mulai dari tahun 2007, Benjamin van Leer mengasah kemampuannya dalam mengawal gawang di PSV Eindhoven. Kariernya pun terus berproses, dari tim junior PSV U-17, hingga menembus skuat U-21.