Liga Indonesia

David da Silva Resmi Gabung Persebaya, Inilah ‘Penghancur’ Kariernya di di Liga Korea

Rabu, 19 Juni 2019 15:31 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Persebaya
David da Silva kembali membela Persebaya akibat posisinya di Pohang Steelers tergusur striker asal Rusia. Copyright: © Persebaya
David da Silva kembali membela Persebaya akibat posisinya di Pohang Steelers tergusur striker asal Rusia.

INDOSPORT.COMDavid da Silva dipastikan akan membela Persebaya Surabaya pada paruh kedua Shopee Liga 1 2019. Penyerang asal Brasil ini kembali merapat ke tim Bajul Ijo akibat posisinya di klub sepak bola kasta tertinggi Liga Korea, Pohang Steelers, digantikan oleh Stanislav Iljutchenko.

Iljutchenko merupakan pemain sepak bola baru Pohang yang didatangkan dari MSV Duisburg. Striker asal Rusia berusia 28 tahun ini angkat kaki dari Duisburg usai mencetak empat gol dari 31 penampilan di ajang Bundesliga 2 (kasta kedua liga sepak bola Jerman) musim 2018/19.

Duisburg sendiri dipastikan terdegradasi ke divisi tiga setelah mengakhiri musim di peringkat terakhir. Penyerang berpostur 189 centimeter ini tak diperpanjang kontraknya dan direkrut oleh Pohang dengan status free transfer.

Berdasarkan penjelasan laman media sosial Pohang, Iljutchenko direkrut atas kemampuannya menciptakan ruang di daerah pertahanan lawan. Selain itu, ia memiliki kondisi fisik yang bagus. Pengalamannya di kancah sepak bola Jerman sejak musim 2011/12 pun memberikan nilai lebih.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by 포항스틸러스축구단 (ғᴄ ᴘᴏʜᴀɴɢ sᴛᴇᴇʟᴇʀs) (@fc.pohangsteelers) on

Kemampuan Iljutchenko itulah yang membuat Pohang mencoret nama David da Silva dari skuat. Pohang yang kini menduduki peringkat tujuh klasemen sementara Liga Korea rupanya tak puas dengan kontribusi dua gol dan satu assist David dalam sembilan penampilannya.

Dengan pencoretan namanya, David hanya bertahan selama setengah musim usai resmi didatangkan pada 9 Januari 2019 dari Persebaya Surabaya.

Setelah resmi hengkang dari Pohang, nama David langsung santer diberitakan akan kembali ke Surabaya. Hal tersebut benar adanya usai ia menandatangani kontrak baru selama dua musim ke depan pada Rabu (19/6/19) untuk membela Persebaya.

David merupakan nama yang akrab di telinga para Bonek. Ia merupakan striker pencetak 20 gol dari 23 laga untuk tim Bajul Ijo pada Shopee Liga 1 2018. Torehan fantastis tersebut tentu bisa memperkuat opsi lini depan Persebaya yang kini baru mencetak tiga gol dari tiga laga.

IDS Emoticon Suka
Suka
75%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
25%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%