Bola Internasional

Cristiano Ronaldo vs Messi, Manakah yang Lebih Baik di Level Internasional?

Rabu, 19 Juni 2019 20:59 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi siapakah yang terbaik di level Internasional ? Copyright: © Getty Images
Antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi siapakah yang terbaik di level Internasional ?

INDOSPORT.COM - Perdebatan siapa yang terbaik antara Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah berlangsung lebih dari satu dekade terakhir. Keduanya mampu tampil apik bagi klubnya masing-masing. Namun, bagaimana jika keduanya dibandingkan di level internasional baik bersama Portugal dan Argentina. Siapakah yang terbaik ?

Dilansir dari kanal Givemesport, Messi menjadi yang terbaik dibandingkan Ronaldo jika dilihat dari total gol melawan negara yang berada di top 50 ranking FIFA. Meski secara jumlah gol di level internasional pemain asal Argentina tersebut masih kalah dari rivalnya, ia memiliki persentase lebih baik kala menghadapi negara yan lebih kuat.

Berdasarkan statistik, 67 gol yang Lionel Messi cetak di level Internasional bersama Argentina, 56 gol (84 persen) diantaranya ia lesakkan kala melawan negara yang berada di 50 besar FIFA. Sedangkan Cristiano Ronaldo hanya mampu mencetak 35 gol (39 persen) dari total 88 gol yang telah dikoleksinya bersama Portugal.

Jika ditilik dari statistik tersebut, Messi berhasil menunjukkan superioritasnya sebagai pesepak bola terbaik di muka bumi abad ini. Namun jika dilihat dari raihan gelar, Ronaldo patut membusungkan dada. Sebab, ia mampu meraih dua gelar internasional bersama Portugal.

Seperti diketahui, Lionel Messi hingga saat ini belum sekalipun memberikan gelar bergengsi untuk Argentina. Capaian terbaiknya bersama hanya membawa La Albiceleste mencapai babak final di Piala Dunia 2014 dan Final Copa America 2016. Sebaliknya, Cristiano Ronaldo berhasil mempersembahkan dua gelar, Euro 2016 dan Nation League 2019, kepada Portugal.