Bola Internasional

Menelusuri Jalan yang Bisa Membawa Argentina Lolos ke Perempatfinal Copa America 2019

Kamis, 20 Juni 2019 16:35 WIB
Editor: Juni Adi
© JUAN MABROMATA/AFP/Getty Images
Pemain Argentina meninggalkan lapangan setelah dikalahkan 2-0 oleh Kolombia turnamen Copa America, Minggu (16/06/2019). Foto: JUAN MABROMATA/AFP/Getty Images Copyright: © JUAN MABROMATA/AFP/Getty Images
Pemain Argentina meninggalkan lapangan setelah dikalahkan 2-0 oleh Kolombia turnamen Copa America, Minggu (16/06/2019). Foto: JUAN MABROMATA/AFP/Getty Images

INDOSPORT.COM - Timnas Argentina dalam posisi terjepit di Copa America 2019. Penyebabnya usai mereka gagal meraih kemenangan atas Paraguay dan hanya bisa bermain imbang 1-1 pada Kamis (20/06/19) tadi.

Nasib sial rupanya belum juga mau pergi dari Timnas Argentina di Copa America 2019. Di laga kedua Grup B melawan Paraguay pada Kamis (20/06/19) di Stadion Estadio Governador Magalhaes Pinto, Lionel Messi cs gagal meraih tiga poin.

Argentina ditahan imbang Paraguay dengan skor 1-1. Richard Sanchez membuka keunggulan untuk Paraguay lebih dahulu menit ke-37. Namun Argentina berhasil menyamakan skor melalui Lionel Messi dari titik puith menit ke-57.

Hasil tersebut membuat nasib Argentina kini berada diujung tanduk, karena mereka masih terdampar di dasar klasemen dengan koleksi satu poin, dibawah Kolombia (1), Paraguay (2) dan Qatar(3). 

Kendati begitu, bukan berarti kans Albiceleste untuk lolos ke babak 8 besar Copa America 2019 tertutup. Hidup-mati Argentina kini ada di tangan tim undangan dari Benua Asia, Qatar.

Kedua tim akan bertemu di laga terakhir, pada Senin (24/06/19) dini hari WIB di Stadion Arena do Gremio. Kemenangan adalah hal wajib yang harus diraih anak asuh Lionel Scaloni.

Sebab dengan tiga poin, Argentina punya peluang finis di posisi runner-up atau bahkan sekadar finis di peringkat ketiga. Tapi itu juga belum aman, karena faktanya tetap saja Argentina bisa masih bisa tersingkir.

Lantas seperti apa jalan yang harus dilalui Argentina untuk bisa lolos ke 8 besar Copa America 2019? Berikut hitung-hitungannya:

1. Jika Qatar Menang, Argentina Kalah

Ini merupakan skenario buruk yang dihindari Argentina. Sebab, dengan hasil itu maka Lionel Messi dipastikan akan pulang kampung karena Qatar bisa menempati urutan kedua (jika Paraguay kalah dari Kolombia), dan bisa juga bertengger di urutan ketiga (jika Paraguay kalah dari Kolombia). Sedangkan Argentina, tetap berada di dasar klasemen.

2. Jika Qatar vs Argentina Berakhir Imbang

Imbang pun tidak bisa menolong Argentina untuk bisa lolos ke babak 8 besar Copa America 2019. Sebab, mereka tetap akan berada di bawah Qatar meski akan sama-sama mengoleksi 2 poin.

Karena Argentina tetap kalah agregat gol berapapun skor imbang tersebut. Sedangkan Qatar, berpeluang lolos dari jalur peringkat tiga terbaik.

3. Jika Argentina Menang Lawan Qatar, Paraguay Kalah

Ini adalah satu-satunya cara yang bisa membawa Argentina lolos ke 8 besar. Tambahan tiga poin akan mendongkrak posisi Albiceleste ke peringkat 2 dengan koleksi 3 poin. Namun dengan catatan, Paraguay wajib kalah dari Kolombia. 

Jika seri, Argentina akan tergeser ke posisi tiga karena kalah agregat gol dari Paraguay, tapi andai mampu mencetak 4 gol lebih ke gawang Qatar saat itu, posisi Argentina akan tetap berada di peringkat kedua dan lolos dengan status runner-up grup.

4. Jika Argentina Menang dan Paraguay Menang

Jika Argentina menang 4-0 atas Qatar tapi di pertandingan lain Paraguay juga meraih kemenangan dengan berapapun skornya atas Kolombia, maka dipastikan posisi Argentina akan berada di peringkat ketiga.

Karena Paraguay akan mengoleksi 5 poin, dan Argentina 3 poin. Meski begitu, Argentina bisa lolos melalui jalur peringkat tiga terbaik yang hanya ada slot untuk dua tim.

Skenario itu juga tidak serta merta membuat Argentina lolos langsung. Karena mereka harus menunggu hasil pertandingan lain yakni Venezuela, Ekuador atau Jepang.

Tiga negara tersebut diharapkan kalah atas lawannya masing-masing, jika Argentina ingin lolos dari peringkat 3 terbaik dengan rekor terburuk. Saat ini, peringkat tiga terbaik ditempati oleh Venezuela dan Qatar.