Bola Internasional

Kabar Terkini Excel Tomboleu, Pemain Muda Indonesia yang Raih Trofi di Italia

Kamis, 20 Juni 2019 08:29 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Excel Tomboleu (paling kiri) saat bermain bersama Rafid Habibie dan Fidelis Kelby Timothy untuk klub Santarcangelo Calcio. Copyright: © Getty Images
Excel Tomboleu (paling kiri) saat bermain bersama Rafid Habibie dan Fidelis Kelby Timothy untuk klub Santarcangelo Calcio.

INDOSPORT.COM – Excel Tomboleu menjadi salah satu pemain muda Indonesia yang berkesempatan menimba ilmu sepak bola di Eropa. Pada tahun 2017 lalu, Excel berangkat ke Italia untuk bergabung dengan salah satu akademi sepak bola di Negeri Pizza, ISM Academy.

Waktu itu, Excel terbang ke Italia untuk bergabung dengan ISM Academy bersama dua pemain muda lainnya, yaitu Fidelis Kelby Timothy dan Muhammad Rafid Habibie. Nama terakhir merupakan cucu mantan Presiden Republik Indonesia, BJ Habibie.

Excel, Fidelis, dan Rafid bermain dan berlatih di ISM Academy yang merupakan akademi sepak bola bentukan dari para pelatih akademi Perugia. Selain berlatih, mereka bertiga juga mengikuti uji tanding menghadapi klub-klub sepak bola Serie B dan juga Serie C Liga Italia.

Tak hanya bermain di level akademi, bahkan tiga bakat muda Indonesia itu berkesempatan mencicipi kompetisi Liga Italia yang sesungguhnya. Pada awal 2018 lalu, Excel Tomboleu beserta Fidelis Timothy dan Rafid Habibie memperkuat klub Santarcangelo Calcio 1926 yang berkompetisi di Serie C atau kasta ketiga Liga Italia.

Ketiga pemain tersebut bahkan mendapatkan pengalaman berharga karena dimainkan oleh Santarcangelo dalam sebuah turnamen internasional bertajuk Trofeo Adriatico.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Info seputar | LIGA | TIMNAS (@galeri.sepakbola.indonesia) on

Santarcangelo yang diperkuat Rafid, Fidelis dan Excel itu pun menunjukkan permainan gemilang dalam turnamen tersebut dan berhasil melaju ke babak final.

Namun sayang, tim yang dibela Excel dan kawan-kawan gagal meraih gelar juara setelah kalah dari FC Spinea dengan skor tipis 0-1. Santarcangelo pun harus puas dengan gelar juara kedua dalam turnamen tersebut.

Khusus bagi Excel, turnamen tersebut seolah menjadi etalase baginya untuk mencuri perhatian klub-klub Italia. Setelah turnamen tersebut, pemain bernama lengkap Excel Favour Yosafat Tomboelu itu kemudian direkrut oleh klub AC Cuneo 1905 yang bermain di Serie C Italia.

Di klub AC Cuneo, Excel yang berposisi sebagai bek tengah bahkan tercatat pernah mencetak dua gol. Namun sayangnya, pada akhir musim 2018/19, AC Cuneo harus terdegradasi ke Serie D.