Bola Internasional

Sedih! Detik-detik Skotlandia Tersingkir di Piala Dunia Wanita Usai Drama 3 Gol

Kamis, 20 Juni 2019 11:33 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Richard Heathcote/Getty Images
Timnas Skotlandia saat bermain di Piala Dunia Wanita 2019 Copyright: © Richard Heathcote/Getty Images
Timnas Skotlandia saat bermain di Piala Dunia Wanita 2019

INDOSPORT.COM – Timnas Skotlandia tersingkir dari Piala Dunia Wanita 2019 dengan berlinang air mata usai menghadapi drama tiga gol selama lima belas menit sebelum akhir pertandingan melawan Argentina, Kamis (20/06/19) dini hari WIB.

Skotlandia menargetkan kemenangan di laga terakhir babak penyisihan grup D agar bisa lolos ke babak berikutnya di Piala Dunia Wanita 2019 saat melawan Argentina di Parc des Princes, Paris.

Target itu sebenarnya hampir tercapai ketika mereka unggul tiga gol tanpa balas, melalui Kim Little (19’), Jennifer Beattie (49’) dan Erin Cuthbert (69’). Sayangnya, tiga gol itu terbuang percuma ketika Argentina mampu membalasnya di 15 menit akhir sebelum pertandingan.

Dilansir dari Daily Mail, gol balasan pertama Argentina dicetak oleh Milagros Menendez pada menit ke-74. Gol tersebut rupanya menjadi awal Skotlandia 'menangis darah', karena Argentina mencetak dua gol berikutnya dengan memanfaatkan blunder kiper Lee Alexander dan tayangan VAR.

Berawal pada menit ke-79 ketika pemain Argentina, Florencia Bonsegundo mencoba melakukan tembakan, namun upaya tersebut gagal dimentahkan Alexander.

Parahnya, bola yang dimentahkan Alexander justru mengenai bagian dalam mistar dan masuk ke dalam gawang. Alhasil, Argentina berhasil menambahkan gol keduanya lewat blunder Alexander.

Gol ketiga Argentina yang tak kalah dramatis tercipta setelah wasit Korea Utara, Ri Hyang Ok melakukan dua kali tayangan VAR. Ketika itu pemain pengganti Sophie Howard melanggar Aidana Cometti di dalam kotak penalti, wasit pun harus melihat VAR untuk melihat penalti.

Bonsegundo diberi tugas menendang penalti, dan lagi-lagi Alexander mampu menyelamatkan bola itu. Namun, wasit menganulirnya karena sang kiper lebih dulu melewati garis gawang setelah melihat VAR.

Akibatnya, tendangan penalti harus diulang, namun di upaya kedua ini tendangan Bonsegundo tak mampu diselamatkan Alexander hingga menjadi gol ketiga untuk Argentina.

Laga tersebut akhirnya berakhir imbang 3-3. Kedua tim dipastikan lolos setelah Skotlandia finish di klasemen akhir Grup D, sedangkan Argentina finish di tempat ketiga.

Bukan hanya Skotlandia yang harus tersingkir dari Piala Dunia 2019 lewat drama gol, sebelumnya Timnas Jamaika juga dipastikan tersingkir setelah kalah di tiga laga dengan masing-masing kebobolan hattrick.