Bola Internasional

Benarkah Diego Maradona Mengidap Penyakit Alzheimer?

Jumat, 21 Juni 2019 15:58 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Four Four Two
Pelatih Baru Dorados, Diego Maradona Copyright: © Four Four Two
Pelatih Baru Dorados, Diego Maradona

INDOSPORT.COM – Legenda sepak bola Argentina, Diego Maradona, menyangkal bahwa dia tengah menderita Alzheimer, atau penyakit yang menyerang memori otak.

Pada hari Kamis (20/06/19), legenda 58 tahun itu memposting video di Instagram menanggapi rumor yang mengklaim bahwa dirinya mengidap penyakit degeneratif itu .

“Mereka bohong, bohong. Mereka bicara soal Alzheimer dan mereka tidak tahu apa artinya Alzheimer,” kata Maradona dalam bahasa Spanyol dinukil dari Xinhua.

“Orang-orang yang menderita Alzheimer sekarat, saya tidak sedang sekarat,” tambah pemenang Piala Dunia 1986 itu.

Bisa dipahami, kondisi kesehatan Maradona yang kerap terganggu sejak mengakhiri karier sepak bolanya di tahun 1997 silam.

Pencetak gol ‘Tangan Tuhan’ itu pernah dirawat di rumah sakit karena sakit jantung dan masalah pernapasan pada tahun 2004 karena efek kecanduan obat.

Dia juga pernah menjalani dua kali operasi pemotongan usus untuk membantu mengontrol berat badannya dan menerima perawatan karena kecanduan alcohol.

Mantan pemain depan Boca Juniors, Barcelona dan Napoli itu juga pernah menjalani operasi untuk mengatasi pendarahan di dalam perutnya.

Laporan dari media Argentina juga menyebutkan bahwa Maradona berencana menjalani operasi bahu dan betis dalam beberapa pekan ke depan.

Maradona baru saja mengakhiri 11 bulan masa baktinya sebagai pelatih kepala klub divisi kedua Meksiko Dorados, di mana hal ini memunculkan spekulasi Maradona sakit parah.