Liga Inggris

Kabar Terkini Jairo Riedewald, Pembawa Nama Indonesia di Liga Primer Inggris

Jumat, 21 Juni 2019 22:01 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Yohanes Ishak
© Getty Images
Jairo Riedewald (kanan) saat melawan Manchester United. Copyright: © Getty Images
Jairo Riedewald (kanan) saat melawan Manchester United.

INDOSPORT.COM – Jairo Riedewald menjadi salah satu jebolan tim muda Ajax Amsterdam yang sukses menembus kompetisi Liga Primer Inggris. Sejak tahun 2017 lalu, Riedewald bergabung dengan klub papan tengah Liga Primer Inggris, Crystal Palace.

Riedewald mulai menimba ilmu sepak bola pada tahun 2007. Ia bergabung dengan Akademi Ajax Amsterdam yang sukses melahirkan pemain-pemain kelas dunia.

Setelah cukup lama membela tim muda Ajax, Riedewald dipromoskan ke tim utama pada tahun 2013. Bek tengah berpostur 183 cm itu berseragam Ajax selama empat musim hingga tahun 2017.

Bersama Ajax, Riedewald tampil dalam 93 pertandingan di semua kompetisi dengan catatan tiga gol. Pemain kelahiran Haarlem itu merupakan bagian skuat Ajax saat menjuarai kompetisi Eredivisie Belanda pada musim 2013/14.

Usai tampil bagus bersama Ajax, Riedewald kemudian diboyong oleh salah satu kontestan Liga Primer Inggris, Crystal Palace, pada bursa transfer musim panas tahun 2017 lalu. Namun sayangnya, Riedewald cukup kesulitan menembus skuat utama tim yang bermarkas di Stadion Selhurst Park tersebut.

Pada musim 2017/18 yang merupakan musim debutnya di kompetisi Liga Primer Inggris, Riedewald hanya dimainkan dalam 12 pertandingan liga saja. 

Kemudian pada musim berikutnya, pemain yang menggunakan nomor punggung 44 itu hanya diberi kesempatan tampil tiga kali di Piala Liga Inggris dan sekali bermain di Piala FA.

Meski belum mampu menembus skuat inti Crystal Palace, namun Riedewald tetap dipertahankan oleh The Eagles yang mengontraknya dengan durasi lima tahun.

Jairo Riedewald sendiri merupakan pemain Belanda yang memiliki daraih Indonesia. Pemain bernama lengkap Jairo Jocquim Riedewald itu memiliki garis keturunan Indonesia dari neneknya yang merupakan orang Ambon. Sedangkan ayahnya merupakan orang Suriname.

Pada tahun 2014 lalu saat Ajax melakukan tur pramusim ke Indonesia dan bermain menghadapi Persib Bandung, Riedewald pun tak melewatkan kesempatan untuk bertemu dengan sanak keluarganya di Indonesia.

Saat itu, saudara sepupu dari nenek Riedewald menemuinya di Jakarta. Ia pun mengaku senang bisa bertemu dengan keluarganya yang berasal dari Indonesia.

1