Advertorial

Makin Mudah, bank bjb Kembangkan Inovasi Kredit Bisnis Perkebunan

Kamis, 23 Mei 2019 20:48 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Wikipedia
Logo bank bjb. Copyright: © Wikipedia
Logo bank bjb.

INDOSPORT.COM - PT. Bank Pembangungan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (bank bjb) menggandeng PT Kharisma Pemasaran Bersama Nusantara (KPBN) untuk kembangkan inovasi bisnis perkebunan. Kerja sama tersebut ditandatangani langsung oleh Beny Riswandi selaku Senior Executive Vice President (SEVP) Komersial dan UMKM bank bjb dan Edward Samantha selaku Direktur Utama KPBN.

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) telah dilangsungkan bank bjb dan KPBN baru-baru ini terkait Fasilitas Kredit dan Security Sharing Agreement (SSA).

KPBN merupakan anak perusahaan BUMN Perkebunan PTPB 1-XIV yang menjadi agen pemasaran dan penjualan komoditas perkebunan, seperti minyak sawit, karet, tetes, gula, teh, kopi, hingga kakao.

Senior Executive Vice President (SEVP) Komersial dan UMKM bank bjb Beni Riswadi berharap kerja sama ini bisa membuka gerbang bisnis dengan PTPN Holding.

"Melalui kerja sama ini, bank bjb mendapatkan potensi untuk masuk ke usaha yang sejenis baik pemerintah maupun swasta," ujar Beni.

Kerja sama ini membuka skim kredit untuk membiayai trading komoditas perkebunan. Sehingga para consumer lebih mudah untuk terjun ke bisnis perkebunan.

"Lalu membuka peluang bisnis untuk bank bjb yang lebih besar lagi baik dari sisi consumer, dana pihak ketiga, dan layanan cash management system," tambah Beni.

Diketahui kalau area perkebunan di bawah naungan PTPN III (Persero) tersebar di kepulauan Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, hingga Papua.

KPBN juga memberikan kontribusi yang signifikan bagi negara dengan melakukan kegiatan perdagangan komoditas perkebunan sebesar 10 persen Sawit Nasional, 8 persen Karet Nasional, dan 60 persen Teh Nasional.

Sekadar informasi, pada Triwulan I 2019, bank bjb berhasil mencatatkan penyaluran kredit komersial sebesar Rp11 triliun atau 14,64% dari total penyaluran kredit bank bjb pada Triwulan I 2019 sebesar Rp75,41 triliun.