Liga Indonesia

Megah, Ini Keunggulan Stadion Papua Bangkit yang Telah Rampung

Jumat, 21 Juni 2019 19:01 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Lanjar Wiratri
© Sudjarwo/INDOSPORT
Kondisi Terkini Stadion Papua Bangkit Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Kondisi Terkini Stadion Papua Bangkit

INDOSPORT.COM - Pembangunan venue utama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Stadion Papua Bangkit telah rampung setelah mencapai progres pengerjaan 100 persen. Hal ini disampaikan oleh Project Manager PT PP (Persero), Dwi Aji Wicaksono, Jumat (21/06/19).

Setelah memastikan rampungnya pembangunan Stadion Papua Bangkit, Dwi mengungkapkan jika stadion terbesar di Indonesia Timur ini punya beberapa keunggulan.

Selain punya dua lapangan berbeda yakni lapangan utama dan pemanasan, Stadion  Papua Bangkit juga dilengkapi dengan trek lintasan atletik sintetis kelas 1 yang dikerjakan oleh tenaga ahli dari Jerman.

"Keunggulan dari stadion ini adalah kita punya dua lapangan bola dengan lintasan atletik utama dan pemanasan, kemudian untuk lintasan atletiknya nanti akan mendapatkan verifikasi kelas 1 langsung dari federasi atletik dunia (IAAF).

Jadi Stadion Papua Bangkit menjadi yang kedua di Indonesia setelah GBK," ungkap Dwi kepada wartawan olahraga di Jayapura, Jumat (21/06/19).

Dwi juga menjelaskan jika sejumlah peralatan yang berada di Stadion Papua Bangkit didatangkan dari luar negeri. Seperti lampu, scoring board, rumput, sound system dan lainnya.

"Untuk peralatan sendiri dari segi lampu kita gunakan teknologi DMX yang didatangkan dari Philips Eropa dan bisa diintegrasikan mengikuti beat musik, kemudian dari scoring board perimeter didatangkan juga dari Eropa, juga rumput yang berstandar FIFA. Sound system juga didatangkan dari Jepang dan secara keseluruhan teknologi yang berada disini sudah sangat modern," terangnya.

Meski sudah dipastikan rampung, namun Dwi mengaku belum mendapatkan info lanjutan soal kepastian peresmian. Ia juga menyebutkan jika pihaknya masih akan mensupport pengelolaan stadion Papua Bangkit hingga perhelatan PON XX tahun 2020 mendatang.

"Untuk peresmiannya kita belum mendapatkan info kapan waktunya. Yang jelas stadion ini masih masa pemeliharaan selama enam bulan, kira-kira sampai akhir tahun ini, tapi kita akan tetap komunikasi dan mensupport persiapan PON tahun 2020 nanti," ujarnya.

Sementara itu, Menpora RI, Imam Nahrawi dalam kunjungannya, Jumat siang, mengaku terkesan dengan kemegahan Stadion Papua Bangkit yang sudah dilengkapi oleh peralatan canggih dan modern.

"Fasilitasnya sudah betul-betul standar internasional, rumputnya berstandar FIFA, lampu dan sound systemnya apa lagi, ruang gantinya juga keren banget, belum lagi desain arsitekturnya hebat banget. PON ini bisa menjadi tonggak sejarah bagi kebangkitan olahraga Indonesia dari negeri matahari terbit (Papua) untuk dunia," puji Menpora. 
 

1