Bola Internasional

Hasil Pertandingan Copa America 2019 Ekuador vs Chile: Sanchez Bawa Negaranya Lolos

Sabtu, 22 Juni 2019 08:08 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Bruna Prado/Getty Images
Jose Pedro Fuenzalida melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya usai cetak gol ke gawang Ekuador penyisihan grup Copa America 2019 di Arena Fonte Nova Sabtu, (22/06/19). Copyright: © Bruna Prado/Getty Images
Jose Pedro Fuenzalida melakukan selebrasi bersama rekan satu timnya usai cetak gol ke gawang Ekuador penyisihan grup Copa America 2019 di Arena Fonte Nova Sabtu, (22/06/19).

INDOSPORT.COM - Hasil Pertandingan Copa America 2019 antara Ekuador vs Chile, Sabtu (22/06/19) pagi WIB, bintang Manchester United Alexis Sanchez bawa negaranya lolos ke babak selanjutnya usai mencetak gol kemenangan 2-1.

Bertanding di Arena Fonte Nova, Timnas Chile yang dimotori oleh Alexis Sanchez dan Arturo Vidal sukses mendominasi lini pertahanan Ekuador sejak awal babak pertama.

Mereka bahkan mampu mencetak gol lebih dulu saat pertandingan belum genap berjalan 10 menit. Berawal dari sepakan pojok, bola berhasil diamankan pemain bertahan Ekuador. Namun sayang sundulan Romario Ibarra malah jatuh di kaki pemain Chile.

Jose Fuenzalida yang tak mendapat kawalan ketat, berhasil melepaskan sepakan keras ke pojok gawang Ekuador. Bola pun masuk dan membuat Chile unggul 0-1 untuk sementara.

Tertinggal lebih awal, membuat Ekuador bermain menyerang dan melancarkan serangan dari sektor sayap. Sejumlah peluang berhasil mereka dapatkan, namun rapatnya barisan pertahanan Chile membuat tak satu gol pun tercipta.

Menit ke-22, sebuah upaya datang dari kaki Jefferson Orejuela, namun sepakan pemain Deportiva Universitaria de Quito itu masih jauh melambung dari gawang Chile.

Terus menekan, Ekuador akhirnya mampu menyamakan kedudukan di pertengahan laga. Pergerakan Jhegson Mendez di kotak penalti harus dihentikan oleh Gabriel Arias, wasit yang melihat insiden tersebut langsung menunjuk titik putih.

Enner Valencia yang mengambil sendiri tendangan penalti tersebut, sukses menyamakan kedudukan 1-1 untuk Ekuador pada menit ke-26.

Skor kembali sama kuat membuat laga semakin sengit, kedua tim bermain menyerang demi mencetak gol pembalik keadaan jelang babak pertama berakhir. Namun buruknya penyelesaian akhir kedua kesebelasan, menjadikan skor 1-1 sebagai akhir babak pertama.

Selepas jeda, Chile yang tak ingin kehilangan angka berhasil kembali unggul melalui Alexis Sanchez saat babak kedua baru berjalan lima menit.

Charles Aranguiz yang bergerak dari sisi sebelah kiri Ekuador, berhasil memberikan umpan silang ke kotak penalti lawan. Bola sempat melambung jauh, namun berhasil jatuh tepat di kaki Sanchez. 

Dengan sekali sentuhan, bola pun ditendang dan mengarah ke pojok gawang Ekuador. Skor 2-1 untuk keunggulan kembali Timnas Chile.

Ekuador mencoba menekan, dan berharap mampu kembali menyamakan kedudukan. Sejumlah peluang berbahaya datang dari Angel Mena dan Enner Valencia, namun hingga pertengahan babak kedua tak ada gol yang tercipta.

Menit ke-77, sebuah umpan silang dilepaskan Angel Mena ke dalam kotak penalti. Namun dengan sigap, Gabriel Arias keluar dari gawangnya dan menangkap bola.

Alih-alih menyamakan kedudukan, Ekuador justru mendapat mimpi buruk lantaran harus bermain dengan sepuluh orang sejak menit ke-90, usai Gabriel Achilier melakukan pelanggaran keras kepada Arturo Vidal.

Hingga pertandingan berakhir, tak ada lagi gol tercipta dan skor 1-2 tetap bertahan untuk keunggulan Timnas Chile. Anak asuh Reinaldo Rueda tersebut pun resmi melangkah ke babak selanjutnya.

Saat ini Chile masih memuncaki klasemen Grup C dengan raihan 6 poin, unggul satu angka dari Uruguay yang berada di bawahnya. 

Sehingga meski kalah di pertandingan terakhir kontra Uruguay pun, perolehan poin Chile tak bisa dikejar oleh Jepang ataupun Ekuador yang berada di urutan keempat dan ketiga.

Susunan Pemain Ekuador vs Chile

Ekuador XI: A. Domínguez; C. Ramírez, R. Arboleda, G. Achilier, P. Velasco, C. Gruezo, R. Ibarra, J. Méndez, J. Orejuela, Á. Mena, E. Valencia.

Chile XI: G. Arias; J. Beausejour, G. Maripán, G. Medel, M. Isla, A. Vidal, E. Pulgar, C. Aránguiz, A. Sánchez, E. Vargas, J. Fuenzalida.