Bola Internasional

Inilah Alasan Mengapa Neymar Dihargai Hingga Rp 4 Triliun

Sabtu, 22 Juni 2019 15:14 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Sports Keeda
Harga transfer Neymar dilaporkan meningkat hingga Rp 4 Triliun meski yang bersangkutan tengah dilanda kontroversi dan cedera Copyright: © Sports Keeda
Harga transfer Neymar dilaporkan meningkat hingga Rp 4 Triliun meski yang bersangkutan tengah dilanda kontroversi dan cedera

INDOSPORT.COM - Keputusan Neymar untuk meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG) membuat namanya menjadi incaran klub-klub top Eropa. Namun harga transfernya yang menyentuh Rp 4 Triliun, membuat kepindahannya urung terjadi hingga saat ini. 

Jika ditilik dari performanya dan kondisinya saat ini, banyak yang memandang harga tersebut terlalu tinggi. Lalu, mengapa harganya dapat melonjak drastis? Dilansir dari kanal The Sun, sebuah lembaga analisis khusus sepak bola, Remiqz, mengungkapkan bahwa harga tersebut dinilai dari dampak yang diberikan Neymar baik didalam maupun diluar lapangan.

Remiqz menilai performa Neymar dilapangan hanya memiliki harga sekitar 73 Juta Poundsterling (sekitar Rp 1,3 Triliun) saja. Namun secara marketing, mantan pemain Barcelona tersebut memiliki harga fatnastis yakni 163 Juta Poundsterling (sekitar Rp 3,2 Triliun). Hal ini dikarenakan banyaknya jumlah pengikutnya di sosial media antara lain 121 juta pengikut di Instagram, 43,6 juta di Twitter, dan 60 juta di Facebook.

Faktor tersebutlah yang membuat Neymar memiliki harga fantastis. Tak ayal, transfernya urung terjadi meski tim-tim sekelas Real Madrid, Barcelona, Manchester United, berniat mendatangkan pemain berusia 27 tahun. Meski tengah dilanda cedera dan kontroversi, namanya tetap mampu menjadi daya tarik bagi tim besar lainnya.

Belum lama ini Neymar mengaku sudah tidak ingin membela panji PSG setelah petinggi klub, Nasser Al-Khelaifi, dikabarkan bakal membuang pemain-pemainnya yang bermasalah. Sejauh ini, hanya Barcelona yang dilaporkan berada di garda terdepan untuk memulangkan mantan pemainnya tersebut.