Liga Indonesia

Resmi! BOPI Beri Izin Gelar Perhelatan Liga 2 2019

Sabtu, 22 Juni 2019 03:10 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Rafif Rahedian
© yodab.id
Ilustrasi logo Liga 2 2019. Copyright: © yodab.id
Ilustrasi logo Liga 2 2019.

INDOSPORT.COM - Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) akhirnya resmi memberikan izin untuk menggelar perhelatan Liga 2 2019. Hal itu tertuang dalam surat bernomor SR.SB.013/BOPI/KU/VI-2019.

Itu disampaikan langsung oleh Ketua BOPI Richard Sam Bera di Jakarta, Jumat (21/06/19). Ia bersyukur karena permasalahan tunggakan gaji telah selesaikan dengan saksama.

"Dengan selesainya permasalahan tunggakan gaji, BOPI memberikan rekomendasi Liga 2 2019. Saya sangat gembira dengan perkembangan ini," ujar Richard dalam keterangan resmi.

Titik terang atas tunggakan gaji 17 pemain PSMS Medan dan 12 penggawa PSPS Riau sudah disepakati oleh BOPI, PT Liga Indonesia Baru (LIB) dan Asosiasi Pesepak bola Profesional Indonesia (APPI).

Selain itu rekomendasi yang dikeluarkan BOPI juga berlaku sebagai persyaratan dalam mengajukan permohonan izin kepada instansi Kepolisian Republik Indonesia terkait izin keramaian.

© Abdul Aziz/INDOSPORT
Richard Sambera saat menghadiri acara Color Run 2018. Copyright: Abdul Aziz/INDOSPORTRichard Sambera saat menghadiri acara Color Run 2018.

Lalu PT LIB dapat memfasilitasi pengawasan yang dilakukan oleh BOPI dalam kepentingan-kepentingan tertentu untuk penyelenggaraan pertandingan musim 2019.

PT LIB wajib wajib bertemu dan melaporkan secara periodik tiga bulan sekali kepada BOPI dengan menyertakan rekaman video masing-masing penyelenggaraan pertandingan.

Terakhir PT LIB mesti melaporkan seluruh kegiatan selambatnya 10 hari setelah kegiatan terakhir. Itulah deretan keputusan yang diberikan oleh BOPI.

Sekadar informasi kalau pembukaan Liga 2 2019 langsung mempertemukan laga di wilayah timur antara Persik Kediri vs PSBS Biak di Stadion Brawijaya, Jawa Timur, Sabtu (22/06/19).