Liga Indonesia

Exco PSSI Bongkar Alasan 'Mengejutkan' di Balik Kesederhanaan Pembukaan Liga 2 2019

Minggu, 23 Juni 2019 20:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
© yodab.id
Ilustrasi logo Liga 2 2019. Copyright: © yodab.id
Ilustrasi logo Liga 2 2019.

INDOSPORT.COM - Pembukaan Liga 2 2019 tidak berlangsung mewah layaknya hajatan Liga 1 yang merupakan kompetisi kasta teratas. Rupanya ada banyak alasan tak terduga dibalik sederhananya seremoni kick off kompetisi kasta kedua tersebut.

Salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Yunus Nusi mengatakan sederhanya pembukaan Liga 2 2019 didasari minimnya dana. Hal itu pun dimaklumi dan PSSI terus berusaha mendorong klub, agar semakin termotivasi untuk bertanding.

"Kami memilih Persik Kediri sebagai  penghargaan kepada mereka (juara Liga 3 musim lalu) sehingga pembukaannya disini. Ada beberpaa klub yang menawarkan diri termasuk Persiba Balikpapan (jadi tuan rumah pembukaan). Tapi kita tidak ingin membebani klub untuk membuat ceremonial yang wah dan akhirnya kurang menguntungkan secara finansial bagi mereka," bukanya.

"Memang, saat ini kita lagi prihatin, klub punya semangat berkompetisi sementara pendapatan masih cari sana sini sehingga kita memaklumi tentang itu. Yang penting pertandingan berjalan dengan bagus, sementara ceremonial formalitas saja," lanjutnya.

Pembukaan Liga 2 juga disebut cukup 'mendadak' seiring baru terbitnya rekomendasi digelarnya kompetisi oleh BOPI (badan olahraga profesional Indonesia) dan juga izin keamanan dari kepolisian pada Jumat (22/06/19) lalu. Faktor ditahannya Plt ketua umum PSSI, Joko Driyono juga dinilai sangat berpengaruh pada usaha mencari sponsor.

"Kita harapannya meriah, tapi kemarin juga kita baru dapat rekomendasi dari BOPI dan kepolisian. Kita juga harua menyesuaikan dengan keadaan seperti ini, apalagi PSSI juga tengah mengjadapi masalah. Yang penting kepentingan klub menjalani kompetisi terakomodir," ungkap Yunus.

"Kita juga tidak bisa memaksakan diri,  yang penting kita mampu memberikan subsidi kepada klub, timnas juga bisa kita tangani dengan keuangan pas-pasan".

"Saat ini sisa-sisa semangat kami jalankan demi sepak bola Indonesia. Kita harus realistis kehilangan ketum, Joko Driyono dan lainnya, kan pasti berpengaruh bagi kami sebagai pengurus dan sponsor. Yang kemarin kita juga masih nego juga," urainya detail.

Laga pembuka Liga 2 2019 mempertemukan tuan rumah Persik Kediri vs PSBS Biak di Stadion Brawijaya, Kota Kediri, Sabtu (22/06/19). Dalam laga tersebut, Persik mampu menang telak dengan skor 4-0.