Liga Indonesia

Kiprah Pemain Berlabel Timnas di Laga Borneo FC vs Persebaya Surabaya

Minggu, 23 Juni 2019 12:09 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia Senior saat melawan Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Skuat Timnas Indonesia Senior saat melawan Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM - Berikut kiprah para pemain berlabel Timnas jelang Laga Borneo FC vs Persebaya Surabaya di Liga 1 2019, Sabtu (23/06/19) sore WIB.

Pada pertandingan lanjutan pekan kelima sore nanti, dua tim yang sama-sama menyumbangkan pemainnya ke skuat Timnas Indonesia yakni Borneo FC dan Persebaya Surabaya akan saling adu kekuatan.

Borneo FC berhasil menyumbangkan satu pemainnya untuk skuat Timnas Indonesia U-22, sementara Persebaya memberikan tiga pemain ke skuat Garuda di ajang Merlion Cup 2019 dan dua pertandingan persahabatan Timnas Senior.

Secara klasemen dan statistik laga terakhir kedua kesebelasan, Borneo FC yang bakal menjadi tuan rumah di laga nanti sedikit lebih diunggulkan lantaran pernah meraih kemenangan dalam tiga laga terakhir di Liga 1.

Bahkan kemenangan yang mereka raih berasal dari salah satu tim kuat Indonesia, Arema FC dengan skor yang cukup telak 2-0 pada 22 Mei 2019 lalu.

Sementara Persebaya Surabaya masih belum menemukan peforma terbaiknya, semenjak kalah di partai final Piala Presiden 2019 lalu, skuat arahan Djajang Nurdjaman ini belum sekalipun menang dengan rincian satu kekalahan dan dua hasil seri di Liga 1.

Jelang laga panas sore nanti, menarik untuk disimak kiprah para pemain berlabel Timnas dari kedua kesebelasan tersebut baik selama membela skuat Garuda maupun bersama klubnya hingga pekan ketiga musim ini.

1. Bornoe FC
Nadeo Argawinata (Timnas U-22)

© goal.com
Kiper Borneo FC, Nadeo Argawinata. Copyright: goal.comKiper Borneo FC, Nadeo Argawinata.

Nama pertama adalah Nadeo Argawinata, penjaga gawang berusia 22 tahun ini berhasil tampil memukau bersama Timnas U-22 dan menghantarkan skuat Garuda muda meraih peringkat ketiga di ajang Merlion Cup 2019.

Sempat tak mendapat tempat di laga awal, namun di laga perebutan tempat ketiga kiper kelahiran Kediri ini dipercaya pelatih Indra Sjafrie untuk mengawal gawang Timnas.

Kepercayaan tersebut juga berlanjut ke salah satu pertandingan persahabatan Timnas U-22. Bahkan Nadeo berhasil mencatatkan satu cleansheets dalam laga uji coba tersebut.

Bersama Borneo pun catatannya cukup gemilang, tercatat dalam 3 kali penampilannya ia telah kemasukan 4 gol dan mencatatkan 1 cleansheets saat berhadapan dengan Arema FC.

2. Persebaya Surabaya
Rachmat Irianto (Timnas U-22)
Di Persebaya memang namanya kalah saing dengan Hansamu Yama serta Octavio Dutra, namun di skuat Timnas Indonesia U-22 sosok Rachmat Irianto kerap kali menjadi pilihan utama pelatih Indra Sjafrie.

Total selama ajang Merlion Cup tahun 2019 lalu, Rachmat Irianto selalu tampil bahkan dipertandingan perebutan tempat ketiga dirinya tampil penuh dan membawa skuat Garuda muda meraih gelar juara ketiga.

Ruben Sanadi (Timnas Senior)
Meski telah berusia diatas 30 tahun, namun Simon McMenemy masih menyukai gaya permaiananya. Ia pun telah dua kali tampil bersama Timnas Senior di tahun 2019 ini.

Penampilan pertamanya saat bertandang ke markas Myanmar dan meraih kemenangan 0-2, sementara pertandingan keduanya kala dicukur Yordania 4-1 di laga uji coba.

Di skuat Persebaya, sosok pemain kelahiran Biak ini tampak tak tergantikan dan selalu bermain dalam delapan pertandingan Bajul Ijo, dalam semua penampilan tersebut Ruben Sanadi berhasil mencatatkan 2 asis.

Hansamu Yama (Timnas Senior)
Berduet dengan Ruben Sanadi, pemain berusia 24 tahun ini menjadi tembok kokoh Persebaya dalam mengarungi kompetisi Liga 1 musim ini.

Duet keduanya juga berlangsung di Timnas Indonesia, tercatat Hansamu Yama selalu tampil penuh di dua pertandingan uji coba internasional terakhir skuat Garuda saat melawan Yordania dan Timnas Vanuatu.

Irfan Jaya (Timnas Senior)
Nama terakhir adalah winger lincah Irfan Jaya, yang sebelumnya menjadi langganan Timnas Indonesia di era Luis Milla. Sayangnya dalam dua pertandingan uji coba terakhir, pelatih Timnas Indonesia tak memanggil namanya.

Kiprah Irfan Jaya di Persebaya pun terbilang cukup mentereng, total dari 12 yang telah dimainkan pemain berusia 23 tahun ini telah mencetak 2 gol dan memberikan 3 asis.