Bola Internasional

Apa Kabar Vo Minh Tri, Wasit Vietnam Saksi Pembantaian Malaysia oleh Timnas Indonesia

Senin, 24 Juni 2019 15:30 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© An ninh Thủ đô
Vo Minh Tri, wasit sepak bola Vietnam. Copyright: © An ninh Thủ đô
Vo Minh Tri, wasit sepak bola Vietnam.

INDOSPORT.COM - Apa kabar wasit asal Vietnam Vo Minh Tri? saksi saat Timnas Indonesia membantai Malaysia dalam skor telak 5-1 di Piala AFF 2010.

Meski belum sekalipun bisa meraih gelar juara, kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF banyak dihiasi dengan capaian luar biasa. 

Salah satunya ketika Timnas Indonesia bisa membantai telak negara tetangga Malaysia di Piala AFF 2010 dengan skor 5-1, Rabu (01/12/10).

Menang lima gol berkat lesatan bunuh diri Asraruddin, satu gol Cristian Gonzales, Muhammad Ridwan, Arif Suyono, dan Irfan Bachdim, kedigdayaan Timnas Indonesia saat itu disaksikan langsung wasit asal Vietnam Vo Minh Tri, yang memimpin jalannya pertandingan.

Setelah hampir sembilan tahun berselang, kemenagan Timnas Indonesia tersebut memang perlahan mulai tak banyak diingat penggemar sepak bola Indonesia. Termasuk kabar wasit Vo Minh Tri, yang nyatannya kini semakin mengalami peningkatan karier.

Bagaimana kabar Vo Minh Tri sekarang, berikut INDOSPORT merangkumkan.

Vo Minh Tri di Liga Super China

Sebagai salah satu wasit asal Asia Tenggara yang memiliki lisensi FIFA, Vo Minh Tri masih kerap kali dipercaya memimpin pertandingan berskala internasional. Mulai dari laga persahabatan, Kualifikasi Piala Dunia hingga beberapa kali pertandingan Timnas Indonesia lainnya.

Di antaranya seperti kala Timnas Indonesai U-19 berjibaku di Kualifikasi Piala Asia U-19 2018. Kala itu Vo Minh Tri tercatat dua kali menjadi pengadil pertandingan Egy Maulana Vikri dan kawan-kawan. Yakni saat menang melawan Brunei Darussalam dan kalah telak 0-4 dari Korea Selatan.

Selain karier internasional, kemampuan Vo Minh Tri sebagai pengadil juga membuatnya dipercaya memimpin pertandingan salah satu kompetisi lokal terbesar di Asia, Liga Super China.

Itu terjadi pada musim 2012/13 di mana laga debut Vo Minh Tri di Liga Super China dilakukan dalam laga Nanchang Bayi Hengyuan melawan klub yang kala itu diperkuat klub Didier Drogba, Shanghai Senhua.

Secara total, termasuk pertandingan tersebut Vo Minh Tri  kini telah mengantongi 4 kali penampilan di Liga Super China. Dalam jumlah itu dirinya cukup loyal megeluarkan kartu, yaitu 17 kartu kuning, dan dua kartu merah.

Dalam data worldreferee.com, pertandingan terakhir yang dipimpin Vo Minh Tri di level internasional adalah laga Macau vs Kyrgyztan di Kualifikasi Piala Asia 2019, Sabtu (14/11/17).

IDS Emoticon Suka
Suka
14%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
57%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
29%