Liga Indonesia

3 Keuntungan Persipura Jika Jacksen F. Tiago Jadi Pelatih Gantikan Luciano Leandro

Selasa, 25 Juni 2019 15:50 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT. COM - Persipura Jayapura sepertinya bisa mendulang beberapa keuntungan sekaligus jika Jacksen F. Tiago ditunjuk untuk menggantikan pelatih saat ini, Luciano Leandro.

Ya, Persipura Jayapura harus menjalani awal musim yang buruk di Liga 1 2019. Bayangkan saja, dari empat laga yang telah dilakoni, Persipura Jayapura belum sekalipun mampu meraih kemenangan.

Alhasil, Persipura Jayapura kini terdampar di zona degradasi. Skuat Mutiara Hitam menempati posisi 16 dengan koleksi dua poin.

Melihat situasi sekarang, ada isu kalau Persipura Jayapura akan mengganti posisi pelatihnya, Luciano Leandro. Sosok Luciano kabarnya bakal digantikan oleh pelatih yang baru saja mengundurkan diri dari Barito Putera, Jacksen F. Tiago.

Andai isu terkait Jacksen F. Tiago terwujud, Persipura Jayapura sepertinya patut bersyukur. Pasalnya, Persipura Jayapura berpotensi mendapat beberapa keuntungan sekaligus bila Jacksen F. Tiago merapat.

1. Kenal Atmosfer Sepak Bola Papua

Jacksen F. Tiago bukanlah sosok asing bagi Persipura Jayapura. Pelatih berkebangsaan Brasil tersebut, dahulu memang pernah membesut tim Mutiara Hitam.

Selama sekitar enam tahun, Jacksen menjalani karier kepelatihannya bersama Persipura. Ia menangani Persipura dari tahun 2008 hingga 2014.

Melihat catatan sejarah itu, berarti Jacksen sudah mengenal betul atmosfer sepak bola Papua. Jika Jacksen merapat, ia diyakini tak perlu lagi melakukan adaptasi banyak, dan segera bisa membangkitkan peforma Persipura.

2. Bermental Juara

Sudah dijelaskan sebelumnya, kalau Jacksen dahulu pernah pula bertindak sebagai pelatih Persipura. Hebatnya, dahulu Jacksen mampu memberikan prestasi berlimpah bagi Mutiara Hitam.

Setidaknya sudah ada tiga gelar Liga Indonesia yang pernah diberikan Jacksen kepada Persipura. Jacksen mengantarkan Persipura meraih trofi juara Liga Indonesia di musim 2008/09, 2010/11, dan 2012/13.

Bila melihat hal itu, Jacksen jelas terbilang merupakan pelatih bermental juara. Mental tangguh yang dimiliki Jacksen, diyakini bisa ditularkan kepada para anak asuhnya dan membangkitkan peforma Persipura.

3. Kaya akan Jam Terbang

Jacksen memang merupakan pelatih asing yang menghiasi persepak bolaan Indonesia. Tapi, kalau ditanya soal pengalamannya di Indonesia, jam terbang Jacksen sudah sangat melimpah.

Bayangkan saja, ketika masih aktif sebagai pemain, Jacksen telah membela beberapa klub Indonesia, seperti PSM Makassar, Persebaya Surabaya, dan Petrokimia Putra. Begitu pula saat banting setir menjadi pelatih, Jacksen sejak 2003 sudah terbiasa membesut klub-klub sepak bola Nasional.

Apalagi, reputasinya sebagai pelatih juga cukup mentereng. Selain bersama Persipura Jayapura, Jacksen juga pernah meraih gelar juara bersama Persebaya Surabaya pada 2004 silam.

Jam terbang yang dimiliki Jacksen F. Tiago, jelas akan menguntungkan bagi Persipura. Jacksen diyakini punya pengalaman mumpuni dalam mengatasi tekanan, sehingga bisa membangkitkan Persipura dari keterpurukan.

1