Bola Internasional

Tersingkir di Copa America 2019, Suporter Timnas Indonesia Bisa Belajar Hal Ini dari Jepang

Selasa, 25 Juni 2019 14:29 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi suporter menyalakan flash light di laga uji coba Timnas Indonesia Senior melawan Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Aksi suporter menyalakan flash light di laga uji coba Timnas Indonesia Senior melawan Vanuatu di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM – Perjalanan Jepang di Copa America 2019 memang telah usai setelah hanya mampu mengemas 2 poin dari 3 laga saja, tapi ada sedikit pelajaran yang bisa diambil oleh suporter Timnas Indonesia.

Jepang harus mengubur impian mereka untuk melangkah lebih jauh lagi di Copa America setelah ditahan imbang oleh Ekuador 1-1. Di dua laga sebelumnya, Jepang hanya meraih hasil imbang kala jumpa Uruguay tapi dibantai oleh Chile di laga pembuka.

Meskipun hanya berstatus sebagai tamu undangan dalam ajang Copa America 2019 kali ini, Jepang telah mempertontonkan kualitas sebagai salah satu tim terbaik di Asia. Bagaimana tidak, mereka sempat menahan imbang tim terbanyak pengoleksi gelar Copa America, Uruguay.

Namun memang sangat disayangkan kekalahan telak dari Chile dan hasil seri kala jumpa Ekuador menjadi aib yang harus diterima Jepang sehingga mereka mengepak koper untuk pulang lebih cepat.

Namun meski telah tersingkir, rupanya ada pelajaran yang bisa dipetik suporter Timnas Indonesia, apa itu?