In-depth

Skenario Grup Neraka yang Bisa Menimpa Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jumat, 21 Juni 2019 15:19 WIB
Editor: Coro Mountana
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia dan Piala Dunia Qatar 2022. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Indonesia dan Piala Dunia Qatar 2022.

INDOSPORT.COM – Timnas Indonesia saat ini tengah berharap-harap cemas menunggu undian pembagian babak kualifikasi kedua Piala Dunia 2022 zona Asia karena pasti ingin menghindari grup neraka.

Piala Dunia 2022 di Qatar memang baru akan dilaksanakan pada 21 November nanti, tapi seluruh negara yang berada di bawah naungan FIFA sedang disibukan dengan babak kualifikasi. Tak terkecuali dengan Timnas Indonesia yang baru akan bertanding sejak babak kedua.

Kabar buruk bagi Timnas Indonesia akan ditempatkan di pot kelima yang artinya di tempat tim terlemah. Itu artinya, Timnas Indonesia bakal bertemu 4 tim lain yang kualitasnya berada di atas kita dalam satu grup di babak kedua kualifikasi.

Berikut pembagian pot di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 Qatar:

Pot 1: Iran, Jepang, Korea Selatan, Australia, Qatar, Uni Emirat Arab, Arab Saudi, China

Pot 2: Irak, Uzbekistan, Suriah, Oman, Lebanon, Kyrgyzstan, Vietnam, Yordania

Pot 3: Palestina, India, Bahrain, Thailand, Tajikistan, Korea Utara, Chinese Taipei, Filipina

Pot 4: Turkmenistan, Myanmar, Hong Kong, Yaman, Afghanistan, Maladewa, Kuwait, Malaysia

Pot 5: Timnas Indonesia, Singapura, Nepal, Kamboja, Bangladesh, Mongolia, Guam, Macau / Sri Lanka

Sebagai informasi, pembagian pot tersebut berdasarkan ranking FIFA per Juni 2019 dan pengundian baru akan dilakukan pada 17 Juli mendatang di Kuala Lumpur, Malaysia. Dengan berada di pot kelima, rasanya Timnas Indonesia memang sudah tidak bisa menghindari lawan sulit.

Dari permutasi kemungkinan calon lawan Timnas Indonesia di babak kedua kualifikasi, ada skenario terburuk yang bisa menimpa Garuda. Yaitu, grup neraka yang berisi tim terbaik dari setiap potnya yang bisa menjegal langkah Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2022.

Seperti apa skema grup neraka yang bisa menimpa Timnas Indonesia? Berikut kami jabarkan calon lawan terkuat di setiap grup yang sebisa mungkin perlu dihindari Timnas Indonesia.