Bola Internasional

Onome Ebi, Pesepakbola Nigeria yang Catat Rekor di Piala Dunia Wanita

Selasa, 25 Juni 2019 16:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Sebastian Gollnow/picture alliance via Getty Images
Onome Ebi, pemain Timnas Nigeria Wanita di Piala Dunia 2019 Copyright: © Sebastian Gollnow/picture alliance via Getty Images
Onome Ebi, pemain Timnas Nigeria Wanita di Piala Dunia 2019

INDOSPORT.COM – Onome Ebi, pemain bek Timnas Nigeria telah tampil lima kali di ajang sepak bola Piala Dunia Wanita. Meski usianya tak lagi muda, dia belum memikirkan untuk pensiun.

Onome Ebi memainkan Piala Dunia Wanita yang kelima untuk Timnas berjuluk Super Falcons di edisi 2019 pada usia 36 tahun.

Penampilannya yang kelima sepanjang kariernya ini merupakan yang terbanyak di antara pemain pria dan wanita Afrika yang bermain di Piala Dunia.

Baru-baru ini, Onome menegaskan bahwa dia masih ingin melanjutkan masa baktinya untuk membantu juara Piala Afrika sembilan kali itu di level internasional di masa mendatang.

“Piala Dunia datang setiap empat tahun sekali dan kali ini (Piala Dunia 2019) sama spesialnya dengan saat pertama kali saya mengikutinya,” tulis Onome melalui akun resmi Twitter-nya.

“Saya ingin berterima kasih atas dukungan yang besar sekali. Penggemar membuat semuanya menjadi mungkin dan tapa Anda, tidak ada pertandingan indah yang bisa dinikmati,” lanjutnya.

“Apakah ini edisi terakhir saya? Mari kita lihat.”

Rekor Onome Ebi ini hampir menyamai pemai tertua di Piala Dunia 2019, Formiga, yang saat melakoni turnamen berusia 41 tahun.

Wanita asal Brasil ini jadi pemain pertama yang ikut Piala Dunia Wanita sebanyak tujuh kali. Debutnya di Piala Dunia Wanita pada tahun 1995 dan nyaris menjadi juara pada 2007 ketika Brasil kalah dari Jerman di partai final.

Onome Ebi menjadi salah pemain yang membantu Nigeria lolos dari babak penyisihan grup Piala Dunia 2019, pertama kalinya dalam 20 tahun terakhir.

Sayangnya, timnya harus takluk di tangan Jerman dengan skor 0-3 sehingga tersingkir di babak 16 besar kemarin Sabtu (22/06/19).

Onome memainkan pertandingan ke-14 nya di Piala Dunia Wanita, penampilan terbanyak di kompetisi tersebut di antara para pemain Super Falcons.

Tahun lalu, Onome dinobatkan Pemain Terbaik Wanita NFF (Asosiasi Sepak Bola Nigeria), bersanding dengan pemain Shanghai Francisca Ordega dan Barcelona Asisat Oshoala.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%