Bola Internasional

Jonathan David, Remaja Calon Raja Gol Piala Emas 2019 Incaran Klub-klub Elite Bundesliga

Rabu, 26 Juni 2019 16:10 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© transfermarkt.com
Jonathan David, Wonderkid asal Kanada Incaran tim Elite Bundesliga Copyright: © transfermarkt.com
Jonathan David, Wonderkid asal Kanada Incaran tim Elite Bundesliga

INDOSPORT.COM - Temui Jonathan David, remaja ajaib calon raja gol Piala Emas CONCACAF 2019 serta menjadi incaran klub-klub elite di Bundesliga.

Memasuki pembukaan bursa transfer musim panas 2019, sejumlah rumor dari beberapa tim besar Eropa menghiasi berbagai laman berita olahraga.

Salah satu rumor paling mengejutkan datang dari kancah Bundesliga Jerman, di mana sejumlah klub elite dikabarkan tertarik untuk memboyong Jonathan David, si remaja asal Kanada yang baru berusia 19 tahun.

Bukan tim semenjana, klub yang ingin menggunakan jasa David antara lain Bayer Leverkusen, Borussia Dortmund, Borussia Monchengladbach, Freiburg, dan Hoffenheim.

"Klub-klub Bundesliga sangat terkesan dengan kecepatan, teknik, kemampuan, kekuatan, serta kecerdasan sepak bola yang dimiliki Jonathan David," tulis laporan dalam laman Voetbal Nieuws.

Dengan banyaknya minat, sampai-sampai klub sebesar Borussia Dortmund pun ikut kepincut, menarik untuk menyimak bagaimana kiprah serta sepak terjang remaja kelahiran 14 Januari 2000 tersebut selama berkarier musim lalu.

Pemain bernama lengkap Jonathan Christian David ini sejatinya tak memperkuat tim besar, bahkan memulai karier sepak sepak bolanya di Ottawa Internationals Soccer Club (SSB di Kanada) pada awal 2018.

Baru pada Juli 2018, klub KAA Gent II asal Belgia mengontraknya secara profesional. Jonathan David berhasil tampil impresif, di mana dalam 43 penampilannya di semua ajang ia berhasil mencetak 14 gol dan memberikan lima assist.

Hasil tersebut membuat tim nasional Kanada senior langsung membawanya ke ajang Piala Emas 2019. Menjalani debut sejak September tahun lalu, total Jonathan David sudah mencetak tujuh gol dari sembilan penampilan.

Bahkan di ajang Piala Emas 2019, Jonathan David berpotensi menjadi top skor setelah mampu mencetak lima gol dari tiga laga penyisihan, unggul dua gol dari Uriel Antuna (Meksiko).

Dengan catatan impresif tersebut, serta penampilan ganasnya selama di Piala Emas 2019, rasanya sangat pantas jika klub sebesar Dortmund rela mengeluarkan uang banyak untuk mendatangkan Jonathan David.

Melansir laman Transfermarkt, harga yang harus dikeluarkan tim peminat untuk mengikat Jonathan David musim depan adalah sebesar sembilan juta euro (sekitar 144,9 miliar rupiah), meningkat hampir dua kali lipat sejak April lalu.