Bola Internasional

Menpora Lepas Timnas Pelajar Indonesia U-15 ke Portugal

Rabu, 26 Juni 2019 14:07 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Zainal Hasan/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melepas Timnas Pelajar U-15 ke Portugal untuk mengikuti turnamen IBER Cup 2019. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melepas Timnas Pelajar U-15 ke Portugal untuk mengikuti turnamen IBER Cup 2019.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi melepas Timnas Pelajar U-15 ke Portugal untuk mengikuti turnamen IBER Cup 2019. Sebanyak 20 pemain dan lima pelatih akan mewakili Indonesia pada turnamen yang digelar di Estoril, 1-6 Juli 2019.

Timnas Pelajar U-15 akan berjumpa lawan dari negara-negara kuat pada turnamen tersebut. Lawan yang akan mereka hadapi mulai dari tuan rumah Portugal, Brasil, Spanyol, Italia, Prancis, Inggris dan beberapa negara kuat lainnya asal Asia.

"Semoga menorehkan prestasi yang terbaik. Jangan berkecil hati, jangan pernah patah semangat, patah arang. Semoga di sana Indonesia akan banyak melahirkan Ronaldo-Ronaldo dari Timnas Pelajar U-15," ujar Menpora.

Timnas Pelajar U-15 ini terbentuk dari seleksi Liga Pelajar Kemenpora. Di mana para pemain sepak bola yang dijaring berasal hampir dari seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.

"Mereka berasal dari liga berjenjang U-14 tahun lalu di Bali, ada 100 pemain seleksi di Februari. Februari kita dapat 50 pemain, seleksi tahap dua Maret."

"Mereka dari SSB, ada juga sekolah, akademi juga. Kita talent scouting dari Kemenpora," kata pelatih kepala Timnas Pelajar U-15 Aples Tecuari.

Menurutnya, Timnas Pelajar Indonesia U-15 telah siap tampil di IBER Cup 2019. Meski diakui Aples persiapan tim baru beberapa pekan, namun telah mengalami peningkatan signifikan.

"Kita kumpul setelah Lebaran tanggal 10 Juni, hari ini akan berangkat, persiapan cuma dua pekan. Dari kekompakan memang kurang, tapi ada latihan dan uji coba empat kali dan ada peningkatan. Mereka disiplin selama latihan," pungkas mantan pemain Timnas Indonesia tersebut.

Timnas Pelajar U-15 bertolak ke Estoril pada Selasa 25 Juni malam. Setibanya di sana, Timnas akan melakukan persiapan sebelum memulai laga pertama menghadapi Thiais FC, tim asal Prancis di Grup G.