Bola Internasional

On This Day: Momen Luis Suarez Jadi 'Vampir' Gigit Pundak Chiellini

Rabu, 26 Juni 2019 12:13 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© INDOSPORT
Luis Suarez sempat menggigit pundak Giorgio Chiellini saat gelaran Piala Dunia 2014. Copyright: © INDOSPORT
Luis Suarez sempat menggigit pundak Giorgio Chiellini saat gelaran Piala Dunia 2014.

INDOSPORT.COM - Pada 26 Juni 2014, terjadi momen menarik di gelaran Piala Dunia. Luis Suarez menggigit pundak Giorgio Chiellini pada laga terakhir Grup D Piala Dunia 2014 di Brasil.

Sebuah insiden mengejutkan terjadi di laga Italia vs Uruguay pada laga penyisihan grup D Piala Dunia 2014. Saat itu Uruguay berhasil mengalahkan Italia dengan skor 1-0.

Akan tetapi, kemenangan Uruguay tercoreng dengan aksi kurang terpuji yang dilakukan oleh Suarez dalam laga tersebut, lantaran menggigit pundak Giorgio Chiellini.

Insiden itu terjadi saat Uruguay sedang melancarkan serangan ke pertahanan Italia. Chiellini yang menjadi tembok pertahanan Gli Azzurri mampu menyundul bola keluar kotak penalti.

Bola itu kemudian berhasil dimenangkan oleh pemain Uruguay. Suarez yang menjadi ujung tombak Uruguay lalu masuk ke kotak penalti Italia dan berduel dengan Chiellini dan bersiap menerima umpan.

Namun tiba-tiba, Suarez dengan brutal menggigit pundak Chiellini yang membuat keduanya jatuh tersungkur. Mendapat gigitan dari Suarez, Chiellini melakukan protes dengan menunjukkan bekas luka di pundaknya.

Perbuatan Suarez menggigit pemain lawan ini, bukanlah yang pertama kali. Ia pernah melakukan hal itu saat membela klub Ajax Amsterdam dan Liverpool.

Akibatnya perbuatannya itu, Suarez mendapatkan hukuman yang berat dari FIFA. Pemain sepak bola yang kini sudah berusia 32 tahun itu dilarang bermain selama 4 bulan dan tidak boleh mengikuti pertandingan internasional bersama Uruguay selama sembilan laga.

Suarez pun mengaku sempat frustrasi dan berpikir untuk pensiun dini setelah insiden gigitan itu. Ia bahkan diberi nama julukan sebagai 'vampir' lantaran awalnya pemain sepak bola Barcelona ini tidak mau mengakui kesalahannya yang menggigit Chiellini.

Tapi, hal itu adalah kesalahan besar baginya, sehingga Suarez harus datang ke psikolog untuk mencari bantuan karena melakukan perbuatan kurang terpuji itu.

"Saya pergi ke psikolog dan itu membantu saya menerima kesalahan dan berkembang lebih baik," ucap Suarez dikutip dari situs berita olahraga Fox Sport.

Setelah insiden menggigit Chiellini, Suarez hengkang dari Liverpool menuju Barcelona. Perlahan ia pun mulai menunjukkan perkembangan atas perilakunya.

Namun, Suarez tetaplah Suarez, pemain sepak bola asal Uruguay ini masih sering membuat kontroversi di atas lapangan. Teranyar, Suarez melihatkan gestur meminta penalti setelah bola sepakannya ditepis kiper Chile di Copa America 2019.