Liga Inggris

Sergio Aguero, Legenda Terakhir Awal Kejayaan Manchester City di Liga Primer Inggris

Rabu, 26 Juni 2019 17:35 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Goal
Sosok Sergio Aguero merupakan sang legenda terakhir dalam masa awal kejayaan Manchester City di ajang Liga Primer Inggris. Copyright: © Goal
Sosok Sergio Aguero merupakan sang legenda terakhir dalam masa awal kejayaan Manchester City di ajang Liga Primer Inggris.

INDOSPORT.COM - Sosok Sergio Aguero merupakan sang legenda terakhir dalam masa awal kejayaan Manchester City di ajang Liga Primer Inggris.

Jawara Liga Primer Inggris musim lalu, Manchester City, hampir dipastikan bakal kembali kehilangan sosok penting saat membawa The Citizens meraih gelar perdana mereka di Liga Inggris.

Adalah David Silva, gelandang serang asal Spanyol tersebut memastikan diri akan segera hengkang dari Manchester City pada akhir musim mendatang.

"Musim depan akan menjadi musim terakhir saya. Sepuluh tahun sudah cukup bagi saya, sudah waktunya saya untuk pergi," kata Silva dilansir Sky Sports.

"Sebenarnya, Manchester City menawari kontrak dua tahun, tetapi saya memutuskan memilih satu tahun. Oleh karena itu, saya akan mengakhirinya pada tahun kesepuluh," ujar pemain berusia 33 tahun itu.

Dengan kepastian tersebut, maka Manchester City hanya akan menyisahkan Sergio Aguero sebagai satu-satunya pemain yang pernah ikut dalam keberhasilan The Citizen meraih gelar Liga Primer Inggris pertamanya.

Pada musim 2011/12, Manchester City berhasil membuat kejutan dengan meraih gelar Liga Primer Inggris pertama dalam sejarah. Mereka berhasil unggul produktivitas gol atas Manchester United, yang harus puas berada dibawah.

Di musim tersebut, Manchester City yang diarsiteki oleh Roberto Mancini memang tampil impresif. Mereka berhasil meraih 28 kemenangan, dan mencetak 93 gol. 

Salah satu sumber gol terbanyak mereka datang dari Sergio Agüero yang berhasil mencetak 23 gol, diikuti Edin Dzeko dengan 14 gol.

Pada musim itu juga, Manchester City dengan kekuatan uangnya berhasil mendatangkan sejumlah pemain-pemain bintang berkualitas macam Samir Nasri, Yaya Toure, dan Vincent Kompany.

© Goal
Sergio Aguero usai cetak gol penalti ke gawang West Ham, Kamis (28/02/19). Copyright: GoalSergio Aguero usai cetak gol penalti ke gawang West Ham, Kamis (28/02/19).

Sayangnya, dari keseluruhan nama bintang tersebut, hanya Sergio Aguero yang berhasil bertahan hingga musim ini. Sementara lainnya banyak yang memutuskan hengkang, bahkan gantung sepatu.

Paling teranyar sebelum kabar kepindahan David Silva musim depan adalah keputusan hengkang sang kapten Vincent Kompany, di mana pemain berusia 33 tahun ini pindah dari kota Manchester menuju tanah Kelahirannya di Belgia.

Kembali ke Sergio Aguero. Pemain berpaspor Argentina ini tampak sangat setia terhadap Manchester City bahkan ketika banyak tawaran menggiurkan datang kepadanya.

Puncaknya, saat ia berhasil mencetak gol ke-100 untuk Manchester City di Liga Primer Inggris, di mana Aguero berjanji akan tetap setia di Manchester City sampai kontraknya habis pada 2021 mendatang

"Saya masih memiliki dua tahun kontrak dengan Man City. Saya merasa bahagia di sini dan menetap hingga ikatan kerja sama berakhir," tutur Aguero.

Sosok Aguero sendiri bukan hanya menjadi ikon atau legenda Manchester City, melainkan sudah masuk dalam daftar legenda Liga Primer Inggris.

Sebab Opta mencatat bahwa Aguero merupakan pemain keenam dalam sejarah Liga Primer Inggris yang mampu berkontribusi dalam terciptanya 200 gol atau lebih untuk sebuah tim.

Sergio Aguero, yang kini berusia 31 tahun, itu berdiri sejajar dengan beberapa legenda macam Henry, Wayne Rooney, Ryan Giggs, Frank Lampard, dan Steven Gerrard. Maka, ia layak disebut legenda Manchester City.