Liga Indonesia

Starting XI Terbaik Madura United dan Persebaya: Bisa Juara Liga?

Kamis, 27 Juni 2019 13:28 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting X1 terbaik Madura United vs Persebaya Surabaya Copyright: © Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting X1 terbaik Madura United vs Persebaya Surabaya

INDOSPORT.COM - Berikut starting XI terbaik gabungan dari tim Madura United dan Persebaya Surabaya jelang 8 besar Kratingdaeng Piala Indonesia 2018, bisakah jadi juara Liga 1?

Pada sore nanti, Kamis (27/06/19), suel sengit dari dua tim besar Indonesia akan terjadi di leg kedua perempatfinal Piala Indonesia 2018/19 antara Madura United vs Persebaya Surbaya.

Bermain di Stadion Gelora Madura United, kedua tim akan saling sikut untuk bisa lolos ke babak semifinal. Pertandingan ini juga akan jadi laga hidup mati bagi kedua tim.

Pasalnya, di leg pertama yang dimainkan di Stadion Gelora Bung Tomo pada Rabu (19/06/19) lalu, Madura United dan Persebaya Surabaya hanya bisa bermain imbang 1-1. Hasil itu membuat kans lolos keduanya masih terbuka lebar.

Selain adu gengsi, pertandingan sore nanti juga menjadi pertaruhan kelas para pemain dari kedua kesebelasan. Sebab baik Persebaya dan Madura United, di musim ini sama-sama diperkuat oleh pemain berkualitas bahkan menempati peringkat teratas sebagai pemain termahal Liga 1.

Salah satunya Jaimerson da Silva, pemain bertahan asal Madura United ini menjadi bek termahal di Liga Indonesia serta bertengger di urutan kedua sebagai bintang asing termahal.

Bermodalkan para pemain bintang di masing-masing klub, menarik untuk menerka formasi yang digunakan jika dua tim besar asal Jawa Timur ini bergabung. Semenakutkan apakah mereka?

Berikut INDOSPORT.com coba mengulas starting XI terbaik gabungan dari klub Madura United dan Persebaya:

1. Kiper

Untuk sektor penjaga gawang, kiper Madura United yakni Muhammad Ridho, berhak mendapat posisi utama lantaran kinerjanya dalam empat pertandingan terakhir Liga 1 lebih gemilang dari kiper Persebaya.

Dalam empat pertandingan, penjaga gawang berusia 28 tahun ini berhasil mencatatkan dua kali cleansheets serta hanya kebobolan dua gol.

Capain yang cukup gemilang, dan berkat itu juga Madura United mampu bertengger di peringkat kedua klasemen Liga 1 hingga pekan kelima.

2. Pemain Belakang

© instagram.com/maduraunited.fc
Jaimerson berlatih bersama skuat Madura United jelang hadapi Persija Jakarta di Piala Presiden 2019, Jumat (08/03/19). Copyright: instagram.com/maduraunited.fcJaimerson berlatih bersama skuat Madura United jelang hadapi Persija Jakarta di Piala Presiden 2019, Jumat (08/03/19).

Di posisi pemain bertahan, masing tim menyumbangkan dua pemain terbaik mereka. Madura United diwakilkan oleh Jaime da Silva dan Rendika Rama, sementara Persebaya Surabaya melalui Octavio Dutra serta Ruben Sanadi.

Duet Jaime da Silva dan Dutra bakal menjadi pilihan utama skuat Persebaya-Madura, duo Brasil ini bisa menjadi tembok tangguh yang menghalau segala serangan lawan, bahkan kiper M.Ridho tak perlu repot mengelap keringat jika dua pemain ini sedang dalam kondisi prima.

Untuk posisi wingback, akan diisi oleh pemain yang memiliki kecepatan saat melakukan overlap yakni Ruben Sanadi dan Rendika Rama.

Kemampuan overlap yang sempurna bahkan telah ditampilkan Ruben Sanadi di pertandingan terakhir, di mana pemain berusia 32 tahun ini sukses mencetak gol dan membantu  Bajul Ijo meraih kemenangan perdana di Liga musim ini.

3. Pemain Tengah

Persebaya Surabaya mendominasi pemain tengah, di mana Damaán Lizio dan Manuchekhr Dzhalilov bakal menjadi motor penyerangan tim Persebaya-Madura serta menjadi pemain untuk menarik bek lawan.

Tugas tersebut sejatinya telah mereka lakukan saat berseragam Perseabaya, dan di formasi kali ini mereka akan mendapat bantuan dari Zulfiandi sebagai gelandang pemutus serangan dan penjaga ritme permainan.

Dengan tampilnya tiga pemain tersebut, maka Persebaya- Madura United telah memiliki trio lini tengah yang cukup solid baik dalam melakukan serangan maupun bertahan dan menahan bola.

4. Pemain Depan

Jika sektor gelandang bakal dikuasi Persebaya, maka posisi penyerang akan didominasi oleh skuat Madura United. Bukan mengucilkan para penyerang Persebaya, namun hingga pekan keempat ini para striker mereka memang jarang terlihat melakukan selebrasi.

Berbanding terbalik dengan Madura United, total dari empat laga mereka sudah mencetak 10 gol dan menjadi tim dengan produktivitas gol tertinggi di Liga 1.

Tak mengherankan jika trio Greg Nwokolo, Aleksandar Rakic dan Andik Vermansah menjadi pilihan utama untuk formasi yang menggunakan taktik 4-3-3 ini.

Mengandalkan kecepatan Greg Nwokolo dan Andik Vermansah sebagai penyerang sayap, dua pemain ini dipastikan dapat memborbardir lini pertahanan lawan.

Ditambah dengan insting mencetak gol milik Aleksandar Rakic, sangat kecil kemungkinan jika tim lawan mampu menahan gempuran Persebaya-Madura saat bertanding.

Lebih lengkapnya, berikut gambaran starting XI terbaik gabungan dari skuat Madura United dan Persebaya Surabaya:

© Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting X1 terbaik Madura United vs Persebaya Surabaya Copyright: Eli Suhaeli/INDOSPORTStarting X1 terbaik Madura United vs Persebaya Surabaya
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%