Bola Internasional

Apa Kabar Rustu Recber? Kiper Nyentrik di Balik Kejutan Timnas Turki di Piala Dunia 2002

Jumat, 28 Juni 2019 11:58 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© FIFA.com
Kiper legendaris Turki, Rustu Recber. Copyright: © FIFA.com
Kiper legendaris Turki, Rustu Recber.

INDOSPORT.COM - Jika pecinta sepakbola memperhatikan dengan seksama penampilan Turki saat Piala Dunia 2002, tentu akan selalu ingat dengan gaya nyentrik pesepak bola yang satu ini.

Menjadi palang pintu terakhir Turki, Rustu Recber miliki ciri khas loreng di bawah matanya. Sebagai kiper, dia punya keahlian dalam membaca pergerakan bola serta mempunyai keberanian untuk bertarung one by one dengan penyerang lawan.

Rustu memulai karier profesionalnya dengan membela klub Burdurgucu. Ia hanya bermain satu kali di klub tersebut. Namanya mulai dikenal sebagai sosok kiper fenomenal saat membela Fenerbahce pada 1993 hingga 2003.

Rustu semakin diperhitungkan saat mampu menjaga gawang Turki selama Piala Dunia 2002 dengan hanya kebobolan enam gol dan membawa negaranya ke semifinal. 

Selama membela Fenerbahce, Rustu bermain sebanyak 240 laga. Sama dengan Hakan Sukur, Rustu pun tertarik untuk keluar dari Turki dan bermain di liga Eropa lain.

Barcelona jadi tujuan Rustu. Sayang penampilan Rustu di Barcelona jauh dari harapan, ia hanya mampu catatkan 4 penampilan untuk Barcelona. Ia pun kemudian dipinjamkan kembali ke mantan klubnya, Fenerbahce pada 2004 lalu.

Rustu kemudian putuskan pensiun pada 2012 usai membela Besiktas selama 99 kali sejak 2007 bergabung. Tujuh tahun setelah ia pensiun, bagaimana kabarnya sekarang?

Pensiun sebagai pemain tak membuat dirinya menjauh dari dunia sepak bola. Rustu Recber mengisi waktu luangnya menjadi kolumnis di portal olahraga online Turki hurriyet.com.tr. 

Pada Juni lalu tulisannya dimuat dengan judul "Mereka Melakukan Apa yang Kita Lakukan". Dalam tulisan itu Rustu Recber membahas serba-serbi dan analisis pertandingan Timnas Turki saat melawan Prancis di Kualifikasi Euro 2020.  

© http://www.hurriyet.com.tr
Rustu Recber menjadi kolumnis di protal berita olahraga Turki. Copyright: http://www.hurriyet.com.trRustu Recber menjadi kolumnis di protal berita olahraga Turki.

Ia baru-baru ini juga diketahui tengah berlibur dengan istri tercintanya, Isil Recber, di Bodrum, sebelah selatan Turki. Recber terlihat santai menikmati pemandangan lautan sementara istrinya memilih berjemur. 

© www.haberturk.com
Rustu Recber (kanan) tengah berlibur bersama keluarganya. Copyright: www.haberturk.comRustu Recber (kanan) tengah berlibur bersama keluarganya.

Recber sangat menikmati kehidupan keluarganya bersama sang istri. Baru-baru ini ia dan istri merayakan pernikahan ke-22 mereka di sebuah restoran mewah di Akmerkez.  

Rustu Recber dan istrinya, Isil Recber, dikaruniai dua orang anak bernama Tugana dan Mehmet Burak. 

© www.sabah.com.tr
Rustu Recber (kiri) bersama sang istri di sebuah Restoran di Turki. Copyright: www.sabah.com.trRustu Recber (kiri) bersama sang istri di sebuah Restoran di Turki.