Liga Indonesia

Kejar Waktu, Timnas Wanita Tingkatkan Kondisi Fisik Jelang Piala AFF 2019

Jumat, 28 Juni 2019 16:15 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Rully Nere memberikan contoh gerakan kepada pemain Timnas Putri Indonesia di Lapangan, Jenggolo, Sidoarjo. Selasa (14/5/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Rully Nere memberikan contoh gerakan kepada pemain Timnas Putri Indonesia di Lapangan, Jenggolo, Sidoarjo. Selasa (14/5/19).

INDOSPORT.COM - Tim nasional wanita Indonesia segera berpartisipasi di Piala AFF 2019 pada Agustus mendatang. Pasukan Rully Nere terus mempersiapkan diri dengan memaksimalkan latihan fisik.

Latihan dan tes fisik kerap dilakukan di pekan perdana pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta untuk mengukur kemajuan soal ketahanan stamina setiap pemain. Tim pelatih pun secara serius memantau dan menguji fisik pemain dengan berbagai metode sejak 21 Juni lalu.

Pelatih fisik timnas wanita, Sofie Imam Faizal, menjelaskan bahwa ia memang sudah meminta para pemain untuk mempersiapkan fisik sejak jauh hari menjelang TC di Yogyakarta.

"Sebelum masuk program latihan, seluruh pemain melakukan tes fisik untuk menganalisa sejauh mana kondisi fisik mereka. Program minggu ini adalah bagaimana memperbaiki stamina, terutama aerobic capacity atau daya tahan kardiovaskuler dan kekuatan," ucap Sofie.

"Tim pelatih menggabungkan antara latihan tanpa bola, small side game intensitas tinggi dengan aerobic high intensity serta kombinasi untuk kekuatan fisik di gym," imbuhnya.

Untuk mengukur itu semua, jajaran pelatih Timnas wanita melakukan berbagai uji coba fisik berupa speed test (10 dan 30 meter), agility test, dan beep test. Mereka sudah punya paramater yang bisa dijadikan sebagai tolok ukur pada seleksi akhir dan TC kali ini.

"Sejauh ini kondisi pemain pada umumnya masih stabil. Semuanya itu bisa dilihat dari data yang sudah kami kumpulkan," jelas Sofie. 

"Dalam waktu sebulan ini tim pelatih berharap rata-rata pemain bisa mendapatkan VO2Max tinggi atau volume maksimal O2 yang diproses oleh tubuh pemain saat melakukan latihan secara intensif, meski kebutuhan VO2Max tiap posisi pasti berbeda-beda," pungkasnya.