Liga Indonesia

Malaysia Sambut Baik Ajakan Indonesia Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

Jumat, 28 Juni 2019 14:53 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Ilustrasi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Copyright: © INDOSPORT
Ilustrasi Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

INDOSPORT.COM – Keinginan ASEAN menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2034 mendapat angin segar. Malaysia menyambut baik ajakan menggelar turnamen sepak bola terbesar sedunia itu.

Menyadur dari Antara, mantan menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Khairy Jamaluddin menilai bahwa hanya empat negara yang pantas menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Setelah berhasilnya indonesia menjadi tuan rumah Asian Games 2018, negara ini berhasil memiliki fasillitas dan infrastruktur olahraga yang lebih baik. Begitu juga dengan Malaysia, Thailand, dan Vietnam yang memang sudah di atas standar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia selanjutnya.

“Demi alasan kepraktisan, tuan rumah tidak boleh lebih dari empat negara. Mungkin lebih banyak negara yang ikut pencalonan, tapi keempat negara itu adalah yang paling ideal,” ujar Jamaluddin.

Namun Jika dilihat dari Panduan Proses Bidding FIFA Piala Dunia 2026, FIFA menekankan beberapa poin yang menjadi dasar utama proses bidding, di antaranya adalah transparansi, komitmen terhadap HAM dan keberlanjutan, partisipasi, dan objektivitas.

Ketentuan itu menjadi salah satu hal yang harus dipersiapkan Indonesia apabila ingin menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034.

Adapun negara Asia yang pernah menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia adalah Korea Selatan dan Jepang pada tahun 2002 yang dijuarai oleh Brasil.

Penulis: Maharani Adhyarianti