Liga Indonesia

Antisipasi Jadwal Padat, PSM Makassar Terapkan Metode Unik dalam Latihan

Sabtu, 29 Juni 2019 09:50 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Indra Citra Sena
© Media PSM
Latihan tim PSM Makassar di Stadion Madya, Senayan, Sabtu (22-06-19). Foto: Media PSM Copyright: © Media PSM
Latihan tim PSM Makassar di Stadion Madya, Senayan, Sabtu (22-06-19). Foto: Media PSM

INDOSPORT.COM - Meski telah tersingkir dari Piala AFC 2019, PSM Makassar belum bisa lepas dari jadwal padat. Klub kebanggaan warga Sulawesi Selatan ini kembali akan bermain tiga kali beruntun dalam kurun waktu sepekan ke depan.

Agak unik mengingat Wiljan Pluim dkk. diketahui hanya akan melawan Madura United dalam tiga laga tersebut, masing-masing dua kali pada semifinal Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 plus sekali di pekan kelima Shopee Liga 1 2019.

Mengantisipasi jadwal padat dan kualitas Madura United yang bukan termasuk lawan enteng, pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic harus lebih cermat terkait pemberian porsi latihan supaya bisa menjaga seluruh pemainnya tetap bugar.

Terlihat dalam latihan rutin di Stadion Mattoanging, Makassar, Jumat (28/6/19). Kalezic memisahkan skuatnya dengan dua kategori, yakni pemain yang bermain di leg kedua semifinal Piala AFC 2019 dan pemain yang tidak bermain.

Porsi latihan dua grup tersebut pun berbeda, di mana grup yang terdiri dari pemain Piala AFC hanya berlatih ringan, sedangkan grup satunya diberi materi latihan lebih berat.

"Pemain kami bagi ke dalam dua grup agar semua bisa bugar besok dan juga di pertandingan nanti. Kami harus keluarkan semua rasa capek di badan," ujar pelatih berkebangsaan Bosnia-Herzegovina itu.

Laga terdekat PSM Makassar melawan Madura United adalah leg pertama semifinal Kratingdaeng Piala Indonesia 2018/19 di Stadion Andi Mattalata, Minggu (30/6/19).