Bola Internasional

Capai Final Euro U-21, Spanyol 2019 Lebih Hebat dari Generasi Asuhan Luis Milla?

Sabtu, 29 Juni 2019 19:04 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Joern Pollex - FIFA/FIFA via Getty Images
Luis Milla memberikan instruksi saat melatih Spanyol U21. Copyright: © Joern Pollex - FIFA/FIFA via Getty Images
Luis Milla memberikan instruksi saat melatih Spanyol U21.

INDOSPORT.COM – Spanyol sukses melaju ke final Euro U-21 2019. Benarkah La Rojita tahun 2019 lebih hebat dari generasi Timnas Spanyol U-21 asuhan Luis Milla Aspas?

Luis Milla mengawali prestasi konsisten Spanyol di ajang Euro U-21 dalam delapan tahun atau lima edisi terakhir. Selama periode tersebut, Spanyol dua kali meraih juara dan selalu melaju ke final dalam dua edisi terakhir secara beruntun.

Pada tahun 2011, Timnas Spanyol meraih juara Euro U-21 di bawah tangan dingin Luis Milla. Prestasi itulah yang belakangan menjadi pertimbangan Timnas Indonesia merekrut Luis Milla.

Luis Milla diberkahi pemain-pemain potensial yang kini telah menjelma bintang liga-liga elite Eropa. Nama David De Gea juga melambung dan digaet Manchester United berkat penampilan apiknya bersama Timnas Spanyol kala itu.

Di barisan pertahanan, ada Cesar Azpilicueta yang masih belia. Sektor gelandang terbilang mewah dengan kehadiran Ander Herrera, Thiago, Javi Martinez, dan Juan Mata.

Juan Mata terpilih sebagai Player of the Tournament pada saat itu. Di final, Timnas Spanyol mengalahkan Swiss dengan skor 2-0.

Selama tiga edisi terakhir, Spanyol U-20 selalu dihuni wonderkid kenamaan di level klub. Nama-nama mereka juga telah familiar didengar oleh pecinta sepak bola internasional.

Misalnya pada 2013, Spanyol yang dilatih Julen Lopetegui diperkuat Alvaro Morata, Isco, Koke, Asier Illaramendi, dan Dani Carvajal. Sementara itu, pada 2017 nama Kepa Arrizabalaga mencuat, begitu pula Hector Bellerin, Gerard Deulofeu, Marco Asensio, dan Saul Niguez.

© Danilo Di Giovanni/Soccrates/Getty Images
Pemain Spanyol U21 merayakan gol pada pertandingan EURO U21. Foto: Danilo Di Giovanni/Soccrates/Getty Images Copyright: Danilo Di Giovanni/Soccrates/Getty ImagesPemain Spanyol U21 merayakan gol pada pertandingan EURO U21. Foto: Danilo Di Giovanni/Soccrates/Getty Images

Akan tetapi, pada 2019 tim asuhan Luis de la Fuente tidak turun dengan nama-nama bintang. Barangkali hanya Dani Ceballos yang terkenal, selebihnya terdengar asing, mungkin akan bersinar setelah membawa Spanyol juara.

Ketika menyingkirkan Prancis di semifinal, beginilah skuat Spanyol U-21: Antonio Sivera; Martin Agirregabiria, Unai Nunez, Jesus Vallejo, Junior Firpo; Fabian Ruiz, Marc Roca; Dani Ceballos, Pablo Fornals; Mikel Oyarzabal.

Meski tidak banyak pemain bintang, tim ini tetap melangkah ke final. Mereka hanya kalah sekali saat takluk 1-3 dari tuan rumah Italia di laga pertama babak penyisihan grup A.

Spanyol U-21 2019 memang tidak dapat menyapu bersih setiap laga seperti yang dilakukan tim asuhan Luis Milla pada 2011. Walaupun demikian, mereka tidak kalah produktif dari sisi statistik.

Tim asuhan Luis Milla dulunya tak terkalahkan (4 menang, 1 seri) dengan 11 gol dan 2 kemasukan, sedangkan Spanyol besutan Fuente sanggup mencetak 12 gol dan 5 kemasukan (3 menang, 1 kekalahan).

Spanyol akan bertemu Jerman di final Euro U-21 2019, Minggu (30/06/19). Ini menjadi ulangan final edisi terakhir, Jerman kala itu menang 1-0 atas Spanyol.