Liga Indonesia

Apa Kabar Musikan? Aktor Utama Kesuksesan Persik Kediri Menjuarai Liga Indonesia 2003

Minggu, 30 Juni 2019 14:55 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Indra Citra Sena
© persik.co.id
Musikan, Mantan legenda Persik Kediri yang membawa Macan Putih juara Liga Indonesia Copyright: © persik.co.id
Musikan, Mantan legenda Persik Kediri yang membawa Macan Putih juara Liga Indonesia

INDOSPORT.COM - Beginilah kabar terbaru Musikan, sang aktor utama dalam kesuksesan Persik Kediri menjuarai Liga Indonesia Bank Mandiri (LIBM) 2003.

Bagi pecinta sepak bola era saat ini, mungkin nama Musikan kurang populer, bahkan sangat jarang terdengar lantaran tertimbun nama-nama tenar baru sekaliber Marko Simic ataupun Ezechiel N'Douassel.

Namun, bagi penikmat Liga Indonesia era 2000-an, khususnya pendukung Persik Kediri, nama Musikan bagaikan dewa yang mungkin sampai sekarang masih terus diagung-agungkan.

Bukan tanpa sebab mengingat mantan pemain yang dulunya berposisi sebagai striker ini memang menjadi ikon serta legenda Persik sekaligus kebanggaan Kota Kediri.

Sedikit mengulas tentang kedigdayaan Musikan di Liga Indonesia 2003, tepatnya saat ia diduetkan dengan Bamidelle Frank Bob Manuel sebagai ujung tombak Persik Kediri.

Duet Musikan-Bamidelle di Liga Indonesia 2003 menjadi ancaman besar bagi para pemain belakang lawan. Total dari 72 gol yang dicetak Persik kala itu, 69 persen di antaranya dilesakkan oleh kedua penyerang ini.

Kegemilangan Musikan-Bob akhirnya membawa Macan Putih duduk di singgasana tertinggi Liga Indonesia. Tak cuma itu, Musikan pun berhasil menyabet gelar pemain terbaik Liga Indonesia 2003 dengan mencetak 21 gol.

Ia mampu melewati sejumlah nama tenar pada saat itu, seperti Oscar Aravena yang menjadi top skor dengan koleksi 31 gol, Cristian Gonzales, bahkan Ilham Jayakesuma berhasil disingkirkannya pada penghargaan itu.

Kini setelah 16 tahun setelah membawa Persik Kediri meraih gelar juara Liga Indonesia, kabar terbaru Musikan ternyata cukup mengejutkan.

Jika biasanya para mantan pesepakbola yang telah gantung sepatu akan beralih profesi sebagai pelatih klub, namun hal berbeda justru menimpa Musikan.

Setelah memutuskan gantung sepatu, Pemkot Kediri ternyata mengangkat musikan sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) karena prestasi sebelumnya yang mampu mengharumkan nama Kediri di kancah sepak bola Tanah Air.

Namun meski telah diangkat PNS, hobinya dalam bermain bola tampak sulit dipisahkan. Ia pun mengambil waktu untuk melatih anak-anak SMPN 2 Kediri dalam mengolah kulit bundar.

"Alhamdulillah baik. Pagi saya kerja di dinas PU Kota Kediri, sedangkan sorenya melatih SMPN 2 Kota Kediri Football Class" ucap Musikan kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT via aplikasi pesan singkat Whatsapp, Minggu (30/6/19)

Menyinggung soal Persik yang kini tengah berjuang di Liga 2, Musikan pun turut memberikan doa agar tim kebanggaan warga Kediri serta klub yang berhasil membesarkan namanya segera bangkit. "Semoga bisa berjaya seperti dulu" tambah Musikan.

Satu hal yang menarik dari sosok Musikan, yakni sikap legowo yang selalu ia tampilkan saat diwawancara. Masih diingat ketika Musikan yang tampil begitu impresif bersama Persik, ternyata tidak dipanggil timnas asuhan Peter withe di ajang Piala Tiger 2004.

Dari setiap pertanyaan wartawan yang menanyakan perasaannya saat gagal masuk Timnas, Musikan hanya menjawab santai dan selalu memberi jawaban sama

"Jalani saja, hidup ini seperti air mengalir. Semua rezeki sudah ada yang mengatur," begitulah sang legenda hidup Persik Kediri.