Bola Internasional

Gara-gara Gol Bunuh Diri, Pemain Timnas Kolombia Ini Dihabisi

Minggu, 30 Juni 2019 16:53 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Legenda sepakbola Timnas Kolombia, Andres Escobar mengalami nasib tragis usai gol bunuh diri. Copyright: © Getty Images
Legenda sepakbola Timnas Kolombia, Andres Escobar mengalami nasib tragis usai gol bunuh diri.

INDOSPORT.COM - Timnas Kolombia merupakan klub yang cukup tangguh di ajang Copa America 2019. Namun, hal ini berbeda di masa lampau. Siapa sangka ada hal pilu yang sempat mendera pemain Timnas Kolombia di ajang Piala Dunia 1994.

Hal pilu ini menimpa mendiang Andres Escobar yang sempat bermain sebagai bek Los Cafeteros. Hanya karena gol bunuh diri nyawa Andres harus melayang.

Kejadian ini berawal di laga pekan kedua babak grup Piala Dunia 1994 saat Timnas Kolombia menjamu Amerika Serikat. Kesalahan fatal Escobar berhasil membuka keunggulan bagi negara paman Sam di menit ke-32.

Escobar sendiri kala itu tidak menyangka bola yang melambung ke arahnya justru berbuah keunggulan bagi Timnas Amerika Serikat. Parahnya lagi, Amerika Serikat berhasil menambah angka di menit ke-52 oleh Earnie Stewart. Kolombia sendiri sempat membalas di menit akhir melalui sepakan Adolfo Valencia.

Sayang, laga itu berakhir dengan skor 1-2 kekalahan bagi Timnas Kolombia. Kekalahan ini sekaligus membuat negara penghasil kopi itu terlempar dari fase grup Piala Dunia 1994.

Dilansir laman berita Thesun, usai menjadi biang kerok kekalahan timnya, Escobar menjadi sasaran seorang gembong narkoba yang merasa kesal karena kalah taruhan dalam pertandingan itu.

Lima hari usai aksi gol bunuh diri itu, Escobar telah terbunuh ketika duduk di dalam mobil yang belokasi di klub malam kota Medellin, Kolombia. Pengawal gembong narkoba bernama Humberto Castro Munoz dinyatakan sebagai pembunuh tunggal karena menembak Escobar sebanyak enam kali.

Kejadian memilukan ini pun masih membawa pengaruh besar bagi negara Kolombia hingga menjadi motivasi tersendiri bagi dunia sepak bola. Timnas Kolombia sendiri hingga saat ini masih terbilang cukup tangguh di ajang Copa America 2019.

Skuat Carlos Querioz berhasil menang tiga kali dalam fase grup hingga berhasil mengantarkan mereka ke perempatfinal. James Rodriguez dkk bahkan berhasil mengalahkan Lionel Messi yang mewakili Timnas Argentina pada 16 Juni lalu.

Sayang perjalanan mereka harus terhenti di perempatfinal Copa America 2019 usai kalah adu penalti melawan Timnas Chile dengan skor 4-5