Bola Internasional

Jose Mourinho Jadi Pelatih Sepak Bola Paling Boros di Dunia

Minggu, 30 Juni 2019 18:09 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Getty Images
Jose Mourinho, kini menjadi salah satu pelatih berpengalaman yang menganggur. Copyright: © Getty Images
Jose Mourinho, kini menjadi salah satu pelatih berpengalaman yang menganggur.

INDOSPORT.COM – Meskipun sudah absen di dua bursa transfer, mantan pelatih Manchester United, Jose Mourinho, masih dinobatkan sebagai pelatih paling boros di dunia.

Jose Mourinho masih berstatus pengangguran sejak dia dilepaskan dari jabatannya sebagai juru taktik Setan Merah pada bulan Desember lalu.

Situasinya itu membuatnya menepi sejenak dari hiruk pikuk bursa transfer musim dingin (Januari) dan musim panas yang tengah berlangsung saat ini.

Mourinho, sejauh ini, sudah menggelontorkan dana nyaris 400 juta pounds atau setara dengan Rp7,1 triliun ketika masih bertugas di Old Trafford selama dua setengah musim.

Angka sebesar itu menjadikan dirinya sebagai pelatih yang paling banyak menghambur-hamburkan uang untuk belanja, termasuk untuk mendatangkan Paul Pogba denga nilai rekor pada tahun 2016 lalu.

Parahnya, data Transfermarkt menunjukkan bahwa pelatih asal Portugal itu menghabiskan total uang sebesar 1,05 miliar pounds Rp18,8 triliun di bursa transfer.

Dengan yang sebesar itu, Mourinho membeli membeli 59 pemain di lima klub berbeda yang pernah dibesutnya, yakni Porto, Chelsea, Inter Milan, Real Madrid, dan Manchester United.

Tak tanggung-tanggung, besaran angka itu mengungguli Pep Guardiola yang menghabiskan 1,03 miliar pounds atau setara dengan Rp18,2 triliun di Barcelona, Bayern Munchen dan Manchester City.

Sementara itu, Massimiliano Allegri menempati posisi ketiga  (914,36 juta pounds), Manuel Pellegrini (854,37 juta pounds) dan Carlo Ancelotti (842,67 juta pounds) melengkapi lima besar daftar tersebut.

Berikut daftar lengkap 10 pelatih yang paling banyak menghabiskan uang belanja di dunia:

1. Jose Mourinho

2. Pep Guardiola

3. Massimiliano Allegri

4. Manuel Pellegrini

5. Carlo Ancelotti

6. Arsene Wenger

7. Unai Emery

8. Roberto Mancini

9. Antonio Conte

10. Diego Simeone

© Transfermarkt
Jose Mourinho berada di puncak daftar 10 pelatih terboros di bursa transfer menurut dataTransfermarkt Copyright: TransfermarktJose Mourinho berada di puncak daftar 10 pelatih terboros di bursa transfer menurut dataTransfermarkt

Jenuh setelah enam bulan menganggur, Mourinho mengisyaratkan bahwa dia akan kembali ke kursi kepelatihan dalam waktu dekat.

Awalnya, dia sempat dikaitkan dengan posisi di Newcastle United yang ditinggalkan Rafa Benitez. Namun baru-baru ini, Jose Mourinho memberi sinyal ingin mencoba menangani tim nasional.

1