Liga Indonesia

Tajam, Simon McMenemy Soroti Kinerja Buruk Wasit Indonesia

Minggu, 30 Juni 2019 21:13 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© PSSI
Simon McMenemy kritik kinerja wasit Indonesia dengan tajam. Copyright: © PSSI
Simon McMenemy kritik kinerja wasit Indonesia dengan tajam.

INDOSPORT.COMSimon McMenemy tertangkap mengkritik kinerja buruk wasit pada kompetisi Kratingdaeng Piala Presiden 2019 yang mempertemukan PSM Makassar dan Madura United di Stadion Andi Mattalata, Makassar, pada Minggu (30/6/19).

Pernyataan pelatih Timnas Indonesia itu terlihat di kolom balasan Twitter @indos.transfer yang mempertanyakan apakah wasit mengetahui adanya situasi advantage untuk tim yang dilanggar. Simon, dalam akun @Simcm7, membalasnya dengan singkat dan jelas: “tidak.”

Situasi advantage sendiri memperbolehkan klub yang dilanggar untuk tetap menguasai bola dan melanjutkan pertandingan. Namun, jika bola berbalik dikuasai oleh lawan, wasit harus memberhentikan pertandingan dan memberikan tendangan bebas.

Namun, dalam laga tersebut, wasit merugikan pemain PSM yang tidak diberikan advantage usai dilanggar. Salah satunya ialah ketika Wiljan Pluim dilanggar dan bola dikuasai oleh rekan setimnya, Rizky Pellu. Alih-alih melanjutkan pertandingan, wasit malah memberhentikannya.

Tak hanya itu, keputusan yang berkebalikan merugikan Madura United juga terjadi dalam duel yang melibatkan Guy Junior dan Fachrudin. Duel tersebut sebenarnya pantas untuk dianggap sebagai pelanggaran. Namun, Guy Junior malah bisa menguasai bola sepenuhnya.

Laga PSM melawan Madura United sendiri berakhir dengan skor 1-0. Zulham Zamrun tampil sebagai pahlawan dengan gol tunggalnya pada menit ke-37.

Sementara itu, pernyataan eks pelatih Bhayangkara FC itu mengundang reaksi tawa dari para warganet. Bahkan, salah satu di antaranya yakni @adeeirwan14 mengatakan bahwa ia bangga dengan pelatih asal Skotlandia tersebut.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
50%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
50%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%