In-depth

Bali United, Menggairahkan Sepak Bola dan Menginspirasi Pulau Dewata

Senin, 1 Juli 2019 15:00 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para wisatawan luar negeri saat memberikan dukungan pada Bali United dalam laga lawan PSIS Semarang di tribun selatan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (22/6/2019). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para wisatawan luar negeri saat memberikan dukungan pada Bali United dalam laga lawan PSIS Semarang di tribun selatan Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Sabtu (22/6/2019).

INDOSPORT.COM - Pulau Bali kini bukan saja kaya akan wisata budaya, spiritual dan keindahan alam. Sepak bola sudah layak dimasukkan dalam daftar kekayaan yang dimiliki Pulau Dewata.

Tak bisa dipungkiri, kehadiran Bali United benar-benar membangkitkan gairah sepak bola di provinsi dengan delapan kabupaten dan satu kota ini. 

Jersey maupun pernak-pernik Bali United bukan saja dikenakan di stadion, saat Bali United bertanding. Dalam aktivitas sehari-hari pun, warga dengan bangga menggunakan atribut Bali United.

Bahkan, jika mau mengitari wilayah Kuta Selatan, yang memerlukan waktu dua jam untuk sampai ke Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, bendera besar berlogo Bali United banyak dikibarkan. Artinya, Bali United sudah dibanggakan sebagai salah satu identitas masyarakat Pulau Bali.

Sepuluh tahun lalu, siapa yang akan berpikir bahwa wisatawan mancanegara akan memasukkan Stadion Kapten I Wayan Dipta sebagai salah satu tujuan wisata. Ketika berpikir untuk berangkat ke Gianyar, sudah pasti Ubud yang menjadi tujuan utama.

© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Para pendukung Bali United menyaksikan laga melawan PSIS Semarang, dari Bali United Cafe. Dari face yang berada di bawah tribun barat ini, pengunjung bisa langsung menyaksikan pertandingan. Copyright: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORTPara pendukung Bali United menyaksikan laga melawan PSIS Semarang, dari Bali United Cafe. Dari face yang berada di bawah tribun barat ini, pengunjung bisa langsung menyaksikan pertandingan.

Namun, yang terjadi kini sungguh jauh diluar dugaan. Para turis ini bukan sekadar duduk manis di bangku VIP. Mereka bahkan datang mengenakan seragam Bali United dan duduk di antara suporter Bali United. Mereka ikut bersorak kegirangan saat Bali United mencetak gol.

IDS Emoticon Suka
Suka
100%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%