Bola Internasional

Copa America 2019: 3 Alasan Brasil Bisa Kalahkan Argentina dan ke Melangkah Final

Senin, 1 Juli 2019 21:55 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Lucas Uebel/Getty Images
Aksi selebrasi timnas Brasil lolos ke semifinal Copa America usai taklukan Paraguay lewat adu penalti. Copyright: © Lucas Uebel/Getty Images
Aksi selebrasi timnas Brasil lolos ke semifinal Copa America usai taklukan Paraguay lewat adu penalti.

INDOSPORT.COM Copa America 2019, berikut 3 alasan yang membuat Timnas Brasil bisa dengan muhdah mengalahkan Argentina dan ke melangkah ke partai final.

Dalam pertandingan yang bakal berlangsung di stadion Estadio Governador Magalhaes Pinto, pada Rabu (03/07/19) pagi WIB tersebut, akan menjadi pertemuan kedua tim yang ke-111 kali dalam semua ajang.

Sedangkan di ajang Copa America, laga bertajuk South American El Clásico ini akan menjadi yang ke-24 kali dalam sejarah dan siapapun pemenang bakal sukses mencatatkan rekor baru.

Jika Brasil mampu menaklukan Argentina, maka tim Samba bakal menyamai rekor kemenangan atas Argentina. Saat ini, Tim Tango masih unggul satu kemenangan atas Brasil, yakni 18 kali berbanding 17 di level Timnas Senior.

Namun, jika Argentina yang mampu mengalahkan Brasil, maka Lionel Messi dan kolega untuk pertama kali sukses mengalahkan Brasil di depan pendukung tim Samba.

Pasalnya dalam lima pertandingan terakhir, Argentina tak bisa meraih kemanangan bahkan dipertandingan terakhir mereka dicukur tiga gol tanpa balas saat main di tanah Brasil.

Jelang partai semifinal Copa America 2019 nanti, sejumlah fakta positif mengiringi langkah Brasil dan dipastikan dapat mempermudah langkah mereka untuk lolos ke partai final.

Berikut INDOSPORT coba mengulas serta merangkum 3 alasan Brasil bisa kalahkan Argentina dan melangkah ke partai final Copa America 2019:

1. Rekor Pertemuan
Bekal pertama Brasil dapat meraih kemenangan atas Argentina adalah rekor pertandingan terakhir kedua kesebelasan. Meski Argentina masih unggul dalam pertemuan kontra Brasil, namun dalam 10 laga terakhir timnas Brasil selalu tampil dominan.

Total enam kemenangan berhasil mereka raih, sementara Argentina cuma meraih dua kemenangan dan sisanya berakhir dengan hasil seri.

Kemenangan yang diraih Argentina pun terbilang beruntung, yakni dengan skor tipis 1-0 dan 4-3. Hasil yang timpang tindih dengan Brasil, mereka mampu menang besar tiga gol tanpa balas di ajang kualifikasi Piala Dunia.

2. Efek Lionel Messi

© Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Selebrasi Messi di Copa America 2019, Kamis (20/06/19). Copyright: Chris Brunskill/Fantasista/Getty ImagesSelebrasi Messi di Copa America 2019, Kamis (20/06/19).

Mungkin sosok Lionel Messi di Barcelona merupakan pemain paling berbahaya seantero jagat raya, namun hal berbeda terjadi saat ia memperkuat Timnas Argentina.

Bukti nyatanya ada di ajang Copa America 2019, berstatus sebagai pemain paling mahal di turnamen ini, Lionel Messi hanya mampu mencetak satu gol dan itupun datang dari penalti.

Meski penampilan Messi sangatlah buruk, namun pemain Argentina lain masih mengandalkan dirinya dalam mencetak gol, dan hal tersebut bisa dimanfaatkan pemain Brasil.

Dengan melakukan penjagaan ketat, kebiasaan Argentina dengan mengandalkan Messi-sentris bisa menjadi bomerang dan membuat tim Tango kesulitan mencetak gol yang berakhir dengan kekalahan.

Catatan tambahan, Lionel Messi belum pernah mencetak gol dalam lima pertandingan terakhir kontra Brasil, dan dalam lima pertandingan tersebut Argentina cuma meraih satu kemenangan.

Maka, wajar Argentina sangat cemas mengenai hal ini. Terlebih, gawang Brasil yang dikawal Alisson belum menderita satu gol pun di Copa America 2019.

3. Catatan Estadio Governador Magalhaes Pinto
Salah satu keunggulan yang dapat membuat Brasil menang besar adalah Estadio Governador Magalhaes Pinto, venue yang bakal dijadikan tempat pertandingan.

Lapangan tersebut bisa disebut mimpi buruk Argentina, terlebih jika melihat pertandingan terakhir mereka yang berlangsung di stadion ini.

Tercatat dalam laga terakhir yang terjadi di markas milik Cruzeiro dan Atlético Mineiro tersebut, Argentina harus menahan malu dengan menelan kekalahan telak tiga gol tanpa balas. Sungguh catatan yang buruk jelang duel vs Brasil di semifinal Copa America 2019.