Bola Internasional

Media Inggris Sebut Tristan Alif Naufal Bisa Tandingi Egy Maulana Vikri

Senin, 1 Juli 2019 19:53 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© tristan_alif28.id
Tristan Alif dan logo Ajax Amsterdam. Copyright: © tristan_alif28.id
Tristan Alif dan logo Ajax Amsterdam.

INDOSPORT.COM – Labnation Scout Football menyoroti salah satu wonderkid asal Indonesia, Tristan Alif Naufal. Media komunitas pencari bakat pesepak bola asal Inggris itu menyebutkan bahwa Tristan bisa menandingi kemampuan Egy Maulana Vikri.

Mereka menyebutkan bahwa Tristan memiliki tiga atribut utama, yakni teknik, kontrol bola, dan kecerdasan dalam membaca permainan. Hal tersebut ia dapatkan berkat pengalaman trialnya di klub besar Eropa seperti Ajax Amsterdam, Feyenoord, dan Leganes.

Kemampuan di atas membuatnya diberi label calon bintang Indonesia di masa depan oleh Labnation. Tak hanya itu, ia sempat memiliki pengalaman yang mengesankan ketika dipantau langsung oleh Pep Guardiola pada 2012 lalu.

Pemain berposisi striker yang masih menginjak usia 14 tahun ini disebutkan oleh Guardiola bisa saja suatu saat nanti bermain untuk Barcelona. Namun, ia harus terus mengasah bakatnya agar bisa mencapai potensi maksimal.

Pemain yang juga menimba ilmu di akademi sepak bola Liverpool di Jakarta ini sempat menembus seleksi Timnas Indonesia U-16. Namun, ia dianggap kalah bersaing dengan kandidat seleksi lainnya yang sudah mencicipi kompetisi klub U-16 reguler di Indonesia.

Baru-baru ini, ia ‘mengirim kode’ akan kembali menimba ilmu ke Ajax Amsterdam. Jika benar terwujud, ini akan menjadi kesempatan keduanya sejak 2013. Kala itu, ia gagal dikontrak karena terkendala masalah umur.

Sementara itu, Egy Maualana Vikri sendiri kini akan menjalani musim keduanya bersama klub asal Polandia, Lechia Gdansk. Pemain kelahiran Medan itu terus mempertunjukkan kemampuannya dan berpeluang menembus tim inti untuk musim 2019/20 mendatang.

Labnation sendiri sering menyoroti pemain muda di seluruh dunia. Baru-baru ini, beberapa pemain asal Indonesia seperti Hambali Tolib dan Beckham Putra Nugraha juga mendapatkan sorotan.