Liga Inggris

Zidane Iqbal Pemain Man United U-18 Bukan Berdarah Indonesia?

Selasa, 2 Juli 2019 21:17 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Isman Fadil
© Charles McQuillan/Getty Images
Kabar mengenai Zidane Iqbal Aamar yang disebut-sebut sebagai pemain keturunan Indonesia di Manchester United U-18 masih dipertanyakan. Copyright: © Charles McQuillan/Getty Images
Kabar mengenai Zidane Iqbal Aamar yang disebut-sebut sebagai pemain keturunan Indonesia di Manchester United U-18 masih dipertanyakan.

INDOSPORT.COM – Kabar mengenai Zidane Iqbal Aamar yang disebut-sebut sebagai pemain keturunan Indonesia di Manchester United U-18 masih dipertanyakan. Sang pemain dikabarkan telah mengonfirmasi bahwa dirinya tidak memiliki darah Tanah Air sama sekali.

Kabar konfirmasi tersebut datang dari salah satu netizen, @indoftblscout, Selasa (02/07/19). Meski dari segi nama juga tergolong akrab di masyarakat Indonesia, Zidane menyatakan bahwa dirinya memiliki darah Pakistan dari sang ayah serta keturunan Irak dari sang ibunda.

"IFS akhirnya berhasil mengonfirmasi langsung kepada Zidane Iqbal bahwa dia tidak memiliki darah Indonesia. Zidane memiliki keturunan Pakistan dari sang ayah, dan keturunan Irak dari sang ibu," tulis @indoftblscout seraya memposting bukti percakapan dengan Iqbal.

INDOSPORT sudah mencoba melakukan konfirmasi lewat pesan pribadi di Instagram yang bersangkutan yang beralamat di @z10ane, namun belum mendapat respon.

Zidane meramaikan pemberitaan usai sempat tercantum berkewarganegaraan Indonesia di situs Football Wonderkids. Namun, situs basis data pemain yang beralamatkan di Inggris ini ternyata juga telah mengubah kewarganegaraan Zidane menjadi Inggris, Pakistan, dan Irak.

Pada term and condition Football-Wonderkids, data dan informasi yang ditampilkan memang tak dapat menjamin soal keabsahan informasi, meski sebelumnya mereka telah mencantumkan jika attacking midfielder tersebut dapat  membela Inggris serta Indonesia.

© football-wonderkids.co.uk
Zidane Iqbal, pemain keturunan Indonesia yang bergabung dengan Manchester United U-18 Copyright: football-wonderkids.co.ukZidane Iqbal, pemain keturunan Indonesia yang bergabung dengan Manchester United U-18

Tak hanya situs tersebut, web penyedia data pemain muda Football-talents.co.uk juga menuliskan bahwa Zidane Iqbal memiliki kewarganegaraan Inggris dan Indonesia.

© Football-talents.co.uk
Nama Iqbal Zidane, pemain muda Manchester United U-18, kewarganegaraan Indonesianya masih dicantumkan di situs football-talents.co.uk. Copyright: Football-talents.co.ukNama Iqbal Zidane, pemain muda Manchester United U-18, kewarganegaraan Indonesianya masih dicantumkan di situs football-talents.co.uk.

Sesuai ketentuan statuta FIFA bahwa pemain belia masih berhak memilih negara yang ia bela jika punya dua kewargamegaraan, dengan syarat yang bersangkutan belum pernah memperkuat salah satu timnas di ajang resmi level senior. 

Zidane sendiri baru saja dipromosikan ke skuat Manchester United U-18 untuk musim 2019/20. Ia telah menandatangani kontrak bersama 14 pemain muda berbakat lainnya. Pemain kelahiran 27 April 2003 yang berposisi sebagai gelandang serang ini sendiri mendapatkan kontrak selama dua tahun.

Bergabungnya Zidane Iqbal ke tim muda The Red Devils menandakan bahwa dirinya memiliki potensi yang besar. Bukan tak mungkin, ia akan menembus skuat utama United dalam empat hingga lima tahun mendatang.

Beberapa nama jebolan tim muda United sendiri telah menjadi bintang di kancah Liga Inggris, mereka adalah Marcus Rashford, Jesse Lingard, Scott McTominay, bahkan Paul Pogba.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%