Liga Indonesia

Fantastis! Persipura Jayapura Mampu Lampaui Rekor Real Madrid

Selasa, 2 Juli 2019 15:01 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT/Wikipedia
Logo Persipura Jayapura dan logo Real Madrid Copyright: © INDOSPORT/Wikipedia
Logo Persipura Jayapura dan logo Real Madrid

INDOSPORT.COM - Ada catatan menarik pasca keputusan Persipura Jayapura mengakhiri kerjasamanya dengan pelatih asal Brasil, Luciano Leandro. Pasalnya, pergantian pelatih Persipura kali ini mencatatkan sebuah rekor.

Pergantian tersebut menjadi yang ke-11 kalinya dalam kurun waktu enam tahun. Ini menjadi yang pertama kalinya dalam sejarah sepak bola Indonesia.

Selain menjadi rekor tersendiri di jagad sepak bola tanah air, jumlah tersebut juga lebih banyak dari rekor yang dibuat oleh klub sepak bola elite dunia asal Spanyol, Real Madrid.

Meskipun bermain di level kompetisi yang berbeda dan di benua yang berbeda, namun kedua klub ini bisa dibilang menjadi yang tersukses di negara masing-masing. Bahkan juga memiliki kegemaran menggonta-ganti pelatih. 

Awak redaksi INDOSPORT.COM, Selasa (02/07/19), coba merangkum jejak pergantian pelatih di klub Real Madrid dan Persipura Jayapura.

Real Madrid 

© HD Football Wallpaper
Logo Real Madrid Copyright: HD Football WallpaperLogo Real Madrid

Klub pengoleksi trofi Liga Champions Eropa terbanyak dengan 13 gelar ini pernah membuat 10 kali pergantian pelatih di periode 1994 hingga 1999.

Berawal dari Vicente Del Bosque tahun 1994, lalu berpindah ke tangan Jorge Valdano juga di tahun yang sama, dan kembali di ambil alih oleh Vicente Del Bosque tahun 1996.

Uniknya, pergantian pelatih kembali terjadi dan beralih ke Arsenio Iglesias dan dilanjutkan Fabio Capello di tahun yang sama. Setahun kemudian, atau di tahun 1997, Madrid berganti pelatih ke tangan arsitek asal Jerman, Jupp Heynckes.

Setelahnya, posisi Heynckes diganti oleh Jose Antonio Camacho di tahun 1998 sebelum kembali berpindah ke tangan pelatih Belanda, Guss Hiddink di tahun yang sama. 

Tahun 1999, Madrid kembali melakukan pergantian pelatih sebanyak dua kali, mulai dari pelatih asal Wales, John Toshack hingga kembali ke tangan Vicente Del Bosque. Sebanyak 10 kali pergantian pelatih Real Madrid itu terjadi dalam kurun waktu enam tahun.

Bahkan, klub berjuluk Los Blancos itu masih melanjutkan tradisi gonta ganti pelatih pasca kepemimpinan terakhir Del Bosque di tahun 2003 hingga saat ini.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%