Bola Internasional

Menengok Starting XI Kombinasi Brasil vs Argentina di Copa America 2019

Selasa, 2 Juli 2019 13:43 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting XI Kombinasi Brasil vs Argentina di Copa America 2019. Copyright: © Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting XI Kombinasi Brasil vs Argentina di Copa America 2019.

INDOSPORT.COM - Jelang pertandingan Brasil vs Argentina di babak semifinal Copa Ameria 2019 tak ada salahnya untuk menengok sedikit Starting XI kombinasi keduanya.

Pertandingan Brasil vs Argentina rencananya bakal berlangsung di Stadion Governador Magalhaes Pinto, Amerika Latin, Rabu (02/07/19), pukul 07.30 WIB.

Brasil yang bertindak sebagai tuan rumah dalam pagelaran ini tampaknya tak ingin dipermalukan oleh tim lawan alias rival abadi di dunia sepak bola.

Brasil sendiri saat ini dihuni oleh beberapa pemain andalan atau emas di generasi sekarang, seperti Everton, Gabriel Jesus, hingga Firmino.

Sementara itu Argentina yang sempat kesulitan memulai kompetisi ini juga tak ingin malu di hadapan tim lawan. Mereka bakal mengerahkan kemampuan dalam mengalahkan lawan.

Terlebih Argentina dipimpin langsung oleh megabintang Lionel Messi dan nama-nama lainnya seperti Sergio Aguero sampai Nicolas Otamendi di lini belakang.

Bermodalkan para pemain bintang di masing-masing klub, menarik untuk menerka formasi yang digunakan jika dua tim besar asal Amerika Latin ini bergabung. Bagaimanan skema mereka?

Oleh karenanya redaksi media olahraga INDOSPORT coba menilik Starting XI terbaik gabungan Brasil dan Argentina di Copa America 2019 dengan formasi 4-2-3-1.

1. Alisson Becker (Kiper)

© Getty Images
Alisson Becker saat latihan bersama Timnas Brasil di Piala Dunia 2018. Copyright: Getty ImagesAlisson Becker saat latihan bersama Timnas Brasil di Piala Dunia 2018.

Posisi kiper tampaknya sangat tepat untuk menaruh nama Alisson Becker. Pasalnya ia saat ini menjadi kiper yang sangat tangguh untuk Brasil.

Sepanjang Copa America 2019, Alisson sukses mempertahankan gawang Brasil dari kebobolan. Total empat laga ia mampu membuat empat clean sheet.

2. Dani Alves (bek sayap kanan

© Felipe Oliveira/Getty Images
Tomas Rincon berusaha menggagalkan tendangan Dani Alves dalam laga Copa America 2019 fase grup di Arena Fonte Nova, Rabu (19/06/19). Copyright: Felipe Oliveira/Getty ImagesTomas Rincon berusaha menggagalkan tendangan Dani Alves dalam laga Copa America 2019 fase grup di Arena Fonte Nova, Rabu (19/06/19).

Kemudian ada Dani Alves yang dirasa begitu cocok untuk ditempatkan sebagai bek sayap kanan. Perannya yang begitu vital dan sejauh ini tak tergantikan.

Dani Alves juga sukses membuat satu gol dari empat pertandingan yang sudah dijalani sepanjang Copa America 2019.

3. Thiago Silva (bek tengah)

© Getty Images
Thiago Silva berusaha menghalau bola udara. Copyright: Getty ImagesThiago Silva berusaha menghalau bola udara.

Thiago Silva juga dianggap pantas sekali untuk ditaruh sebagai bek tengah. Meski tak lagi muda, tetapi kematangan usianya mampu membuat lini belakang begitu aman.

Konsentrasi hingga menutup ruang dalam menghalau serangan lawan merupakan kemampuan andalan Silva. Hal itu menunjukkan kedewasaannya.

4. Nicolas Otamendi (bek tengah)

© Bruna Prado/Getty Images
Pemain Argentina, Nicolás Otamendi mendapat penjagaan ketat oleh pemain Kolombia Roger Martínez dalam pertandingan Argentina vs Kolombia di Copa America 2019. Foto: Bruna Prado/Getty Images Copyright: Bruna Prado/Getty ImagesPemain Argentina, Nicolas Otamendi mendapat penjagaan ketat oleh pemain Kolombia Roger Martínez dalam pertandingan Argentina vs Kolombia di Copa America 2019. Foto: Bruna Prado/Getty Images

Untuk tandem Silva dirasa sangat pantas ialah Nicolas Otamendi. Bersama Manchester City ia tampil begitu prima termasuk di Copa America 2019.

Otamendi merupakan bek yang tanpa ragu untuk menghalau serangan lawan dengan tackling bersihnya. Selain itu ia memiliki gaya bermain dengan operan pendek.

5. Filipe Luis (bek sayap kiri)

© Getty Images
Paulo Dybala (tengah) ketika berduel dengan Filipe Luis. Copyright: Getty ImagesPaulo Dybala (tengah) ketika berduel dengan Filipe Luis.

Sementara bek sayap kiri tampaknya Filipe Luis bisa ditaruh di pos sana. Pergerakannya yang dinamis dalam menyerang dan bertahan menjadi pilihan.

Menurut data yang disajikan laman Whoscored, Luis diberi nilai tinggi hingga 7,38 atas segala upayanya dalam mengawal gawang Brasil.

6. Casemiro (gelandang tengah)

© Getty Images
Gelandang Brasil, Casemiro. Copyright: Getty ImagesGelandang Brasil, Casemiro.

Kemudian untuk gelandang tengah sangat cocok untuk dihuni Casemiro. Pasalnya ia menjadi palang pintu pertama dalam memutus serangan lawan.

Casemiro dikenal tangguh dalam aerial duels, tackling, ball interception, passing, dan blocking the ball.

7. Leandro Paredes (gelandang tengah)

© INDOSPORT
leandro paredes Copyright: INDOSPORTLeandro Paredes bisa menemani Casemiro di lini tengah.

Lalu Casemiro tak mungkin sendirian di lini tengah. Ia patut ditemani oleh gelandang Leandro Paredes dalam menjadi pengalir bola dari belakang ke depan.

Memiliki gaya bermain yang tenang serta bisa membaca arah bola dari serangan lawan menjadikannya pantas masuk dalam Starting XI kombinasi ini.

8. Lionel Messi (winger kanan)

© Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Selebrasi Messi di Copa America 2019, Kamis (20/06/19). Copyright: Chris Brunskill/Fantasista/Getty ImagesSelebrasi Messi di Copa America 2019, Kamis (20/06/19).

Bergerak di sisi depan, Lionel Messi tampaknya sangat pantas untuk mengisi winger kanan atau penyerang sayap kanan mengingat ini memang posisi kegemarannya.

Kemampuan Messi dalam menusuk jantung pertahanan lawan memang tak perlu diragukan lagi. Ia memiliki magis tersendiri dalam mengolah bola dan mengatur serangan.

9. Philippe Countinho (gelandang serang)

© Twitter @SquawkaNews
Selebrasi Philippe Coutinho usai membuka keunggulan Brasil atas Swiss di Piala Dunia 2018. Copyright: Twitter @SquawkaNewsSelebrasi Philippe Coutinho usai membuka keunggulan Brasil atas Swiss di Piala Dunia 2018.

Gelandang serang di belakang striker diprakirakan cocok untuk ditempati oleh Philippe Coutinho. Karena Coutinho begitu dinamis dalam mendobrak pertahanan lawan.

Terlebih operan-operannya yang begitu akurat untuk rekannya yang lowong di sisi lain sangat membahayakan pertahanan lawan.

10. Everton (winger kiri)

© Twitter/@CopaAmerica
Winger muda Timnas Brasil, Everton Sousa Soares. Copyright: Twitter/@CopaAmericaWinger muda Timnas Brasil, Everton Sousa Soares.

Lalu winger kiri bisa dipercayakan pada bintang muda Everton untuk menusuk lini pertahanan lawan dari samping. Karena ia tampil begitu apik bersama Brasil.

Dribbling, finishing, through balls merupakan kemampuannya yang sangat bagus. Selain itu kecepatannya juga tak perlu diragukan.

11. Sergio Aguero (striker)

© Chris Brunskill/Fantasista/Getty Images
Sergio Aguero melakukan selebrasi pada menit ke-82 di Arena do Gremio, Senin (24/06/19). Copyright: Chris Brunskill/Fantasista/Getty ImagesSergio Aguero melakukan selebrasi pada menit ke-82 di Arena do Gremio, Senin (24/06/19).

Terakhir Sergio Aguero sangat pantas menempati posisi sebagai striker dalam Starting XI kombinasi ini. Mengingat ia merupakan penyerang haus gol.

Aguero yang memiliki kemampuan dalam mencari ruang hingga kontrol bola yang tenang untuk mencetak gol menjadikannya sebagai striker berbahaya.

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Starting XI Kombinasi Brasil vs Argentina di Copa America 2019. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTStarting XI Kombinasi Brasil vs Argentina di Copa America 2019.
IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%