Liga Inggris

Sukses Jadi Tembok Kokoh Liverpool, Virgil van Dijk Beberkan Rahasianya

Selasa, 2 Juli 2019 15:18 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Matthias Hangst/Getty Images
Virgil van Dijk membeberkan rahasianya sukses menjaga pertahanan Liverpool. Matthias Hangst/Getty Images. Copyright: © Matthias Hangst/Getty Images
Virgil van Dijk membeberkan rahasianya sukses menjaga pertahanan Liverpool. Matthias Hangst/Getty Images.

INDOSPORT.COM - Bek tengah Liverpool, Virgil van Dijk, membeberkan rahasianya sukses menjadi tembok kokoh bagi The Reds, khususnya pada musim lalu.

Van Dijk memang telah menjadi salah satu kunci sukses Liverpool musim lalu. Bersamanya, pasukan Jurgen Klopp mampu finis di posisi dua di Liga Primer Inggris dan mampu menjadi juara Liga Champions 2018/19.

Bahkan, belum ada satu pun pemain yang mampu melewati pertahanan dari sosok berusia 27 tahun tersebut melalui duel satu lawan satu, meski ia menghadapi para pemain tangguh seperti Lionel Messi, Neymar, dan Eden Hazard.

Ternyata, kemampuan hebatnya tersebut berasal dari hobinya bermain sepak bola jalanan (street football) di Belanda saat ia masih muda, seperti dilansir dari laman portal berita olahraga Talk Sport.

"Saya mendapatkan manfaat dari bermain satu lawan satu di jalanan. Saya sering bermain sepak bola di mana kami bermain lima lawan lima ketika saya masih muda," ujar salah satu bek terbaik di dunia itu.

"Saya senang menyerang ke pertahanan lawan, sehingga saya jadi mendapat gambaran bagaimana rasanya seorang striker ketika menusuk pertahanan lawan dan menghadapi para pemain bertahan," lanjutnya.

"Ternyata, hal tersebut berdampak pada karier sepak bola saya sampai sekarang. Bahkan, saya berani katakan, jika Anda ingin mendapat hasil memuaskan di posisi yang sedang Anda tekuni, sering-seringlah bermain sepak bola di jalanan dengan teman-teman Anda," pungkasnya.

Bersama Liverpool sejak 2018, Virgil van Dijk telah meraih beberapa penghargaan individu, seperti Pemain Terbaik Liga Primer Inggris 2018/19, Pemain Terbaik Liverpool 2018/19, dan lain-lain. Karena kehebatan itulah akhirnya ia disebut-sebut layak mendapat Ballon d'Or 2019.