Liga Indonesia

Eks Pelatih AS Roma Siap Kembali ke Liga 1, Persipura Jayapura Jadi Tujuan Utama?

Rabu, 3 Juli 2019 13:57 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang dari salah satu pelatih asing dan eks juru taktik akademi AS Roma, Fabio Lopez yang menyatakan siap kembali ke Liga 1 Indonesia.

Sebelumnya, pelatih yang kini berusia 46 tahun tersebut sempat meniti karier di Liga Indonesia bersama Bornoe FC di awal musim 2018/19.

Namun jabatan tersebut tak berlangsung lama, Lopez hanya bertahan lima pertandingan bersama Bornoe FC di ajang pra-musim dan turnamen Piala Indonesia sebelum akhirnya hengkang dan digantikan oleh Mario Gomez.

Meski telah hengkang, namun pelatih berkebangsaan Italia ini menyatakan siap untuk kembali melatih tim-tim Liga 1, asalkan ada klub papan atas yang bersedia menggunakan jasanya.

"Saya bisa kembali ke Liga Indonesia, asalkan salah satu dari tim besar di Liga 1 yang menghubungi. Dengan pengalaman serta catatan yang saya punya, sulit rasanya untuk menangani tim papan tengah" ucap Fabio Lopez kepada redaksi INDOSPORT.COM.

Di Liga 1 musim 2019 sendiri memang baru saja memakan korban di kursi kepelatihan, hingga saat ini masih ada dua tim yang belum menemukan pelatih pengganti setelah mundurnya pelatih utama mereka, di antaranya adalah Persela Lamongan dan Persipura Jayapura.

Persela Lamongan baru saja kehilangan Aji Santoso, sementara Persipura ditinggal Luciano Leandro. Berkaca pada statement Fabio Lopez sebelumnya, Persipura menjadi tim paling mungkin untuk dilatih Lopez.

Tim berjuluk Mutiara Hitam tersebut merupakan salah satu klub besar di Tanah Air, terbukti empat gelar Liga Indonesia berhasil mereka raih pada musim 2005, 2008–09, 2010–11, dan 2013.

Namun meski Fabio Lopez punya kesempatan melatih Persipura, sampai saat ini belum ada konfirmasi resmi dari tim Mutiara Hitam terkait ketertarikan mereka untuk merekrut mantan pelatih akademi AS Roma tersebut.

Catatan Fabio Lopez sejatinya tidak terlalu buruk dalam karier kepelatihan. Bagaimana tidak, dirinya berhasil membawa dua klub berbeda ke papan atas. Itu terjadi saat dirinya menukangi FK Siauliai, B.G, Sports Club, dan Al Ahli.

FK Siauliai merupakan klub yang bermain di Liga Lithuania. Bersama FK Siauliai, Fabio Lopez hanya bertahan satu tahun. Namun Fabio Lopez mampu membawa FK Siauliai ke peringkat ketiga di Liga Lithuania.

Posisi tiga juga pernah ia dapatkan saat melatih B.G Sports Club. Namun, prestasi terbaiknya ia raih saat menjadikan Al Ahli U-23 sebagai klub runner up Liga Arab Saudi.

1